Tekno  

10 Aplikasi Pengeditan Video Android yang Mudah Digunakan untuk Pemula

Jakarta

Perkembangan teknologi semakin membuat popularitas berbagai platform video seperti TikTok, Youtube, hingga Instagram. Jadi, kebutuhan aplikasi pengeditan video mengalami peningkatan yang signifikan.

Diketahui, akhir-akhir ini video menjadi konten digital yang digemari berbagai kalangan. Untuk itu diperlukan aplikasi edit video untuk menghasilkan konten yang menarik untuk ditonton.

Mengedit video tidak hanya bisa dilakukan melalui laptop, tetapi juga bisa dilakukan melalui ponsel khususnya Android. Meski hanya memiliki ponsel, kamu bisa lebih praktis dalam mengedit dan tetap menghasilkan video layaknya seorang profesional.

Kabar baiknya aplikasi edit video di hp ini bisa digunakan secara gratis dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya aplikasi pengeditan video Yang terbaik tanpa watermark untuk Android yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store.

1. FilmoraGo

Dikutip dari situs resminya, FilmoraGo merupakan aplikasi edit video lengkap yang mudah digunakan. Meskipun beberapa fiturnya berbayar, Anda tetap dapat menggunakan beberapa alat yang telah disediakannya secara gratis.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur dasar termasuk memotong, memangkas, menambahkan tema, musik, teks, animasi, dan banyak lagi. FilmoraGo juga menyediakan fitur editing dengan format video tertentu, misalnya 1:1 untuk Instagram atau 16:9 untuk Youtube.

Setelah selesai diedit, hasil video secara otomatis tanpa watermark. Selain itu, Anda juga dapat langsung mengunggahnya ke media sosial apa pun atau hanya menyimpannya di galeri.

2. KineMaster

KineMaster adalah aplikasi edit video yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan mudah digunakan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis walaupun beberapa fitur yang disediakannya berbayar dengan editan tanpa watermark.

Ada beberapa fitur di dalamnya seperti beberapa lapisan video, gambar, hingga teks, proses pemotongan dan pemangkasan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan audio multitrack, Filter LUT, efek transisi 3D yang membuat pengeditan video terlihat profesional.

Selanjutnya, Anda dapat dengan mudah mengimpor file dari media yang berbeda dengan mudah. Dimana tingkat kontrol dan proses editing yang mudah dapat menghasilkan video profesional dengan cepat. Adapun format editan di KineMaster antara lain MP4, MOV, 3GP.

3. Cepat

Quik memiliki fitur yang sangat unik yaitu Quik Stories yang secara otomatis akan mengubah video Anda menjadi video lengkap hanya dengan sekali klik. Anda juga dapat menambahkan musik teks, filter, dan efek lainnya dengan cepat.

Quik juga dapat memangkas video yang telah ditambahkan, mengubah titik fokus di foto, dan mengatur ulang elemen dalam video. Seperti halnya aplikasi edit video lainnya, quik dapat diunduh secara gratis dan tanpa watermark.

Anda dapat menyimpan hasil video yang diedit di ponsel Anda. Anda dapat mengaturnya jika ingin menyimpannya dalam format 720p atau 1080p.

4. Direktur Daya

Aplikasi PowerDirector cocok untuk Anda yang ingin belajar mengedit video menjadi profesional. Aplikasi ini hadir dengan berbagai efek yang bisa Anda akses secara gratis dan dengan hasil video tanpa watermark.

Melalui PowerDirector, pengguna dapat dengan mudah membuat efek seperti film bioskop. Aplikasi ini juga memiliki 30 jenis efek dan transisi yang dapat Anda pilih untuk ditambahkan ke video Anda. Sedangkan fitur unggulan dari aplikasi ini antara lain warna video, editor seperti brightness, contrast, dan saturation, video trim, crop video, video rotate, video slow motion, dan efek slow motion.

5. VivaVideo

VivaVideo adalah aplikasi untuk mengedit video dengan antarmuka yang sederhana. Aplikasi ini memiliki ratusan filter, efek, dan alat lainnya. Sedangkan hasil videonya dalam format HD mulai dari 720p, 1080P, hingga 4K.

Fitur VivaVideo antara lain pembuat slideshow untuk menggabungkan beberapa foto menjadi klip, alat pengeditan video yang dilengkapi dengan fitur trim, cut, crop, merge, kolase, dan video loop video, serta berbagai efek pengeditan video, untuk memberikan efek dan animasi pada video.

6. VN

VN atau Vlog Now adalah aplikasi edit video yang bisa digunakan secara gratis tanpa watermark. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini cocok untuk mengedit video vlog atau video dengan durasi yang cukup panjang.

VN juga bisa dikatakan sebagai aplikasi edit video yang powerful karena fitur ini dapat melakukan color grading seperti halnya Adobe Premiere Pro. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengedit video dengan layar hijau. Fitur-fitur yang dimilikinya seperti efek video, musik latar, serta alat subtitle dapat membuat video Anda lebih menarik.

7. Klip Adobe Premiere

Adobe Premiere Clip hadir sebagai salinan Adobe Premiere versi PC yang dikonversi untuk digunakan di ponsel. Selain gratis, kelebihan dari aplikasi Adobe Premiere Clip ini adalah user interface-nya yang ringan dan cukup mudah digunakan untuk pemula.

Berbagai fitur yang bisa Anda gunakan antara lain pemotongan, penambahan efek, transisi, musik, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur drag & drop yang memudahkan Anda untuk mengedit video, menambahkan audio, grafik, foto, hingga overlay.

8. Pertunjukan Video

VideoShow menerapkan konsep all in one yang memudahkan dalam mengedit video dengan berbagai fitur editing tools di dalamnya. Melalui aplikasi ini, Anda dapat menambahkan teks, efek, GIF, transisi, hingga live dubbing untuk video. Ada lebih dari 50 tema yang tersedia dalam aplikasi ini. Anda juga dapat mengekspor video dalam kualitas 4K tanpa merusak kualitasnya.

9. Magisto

Magisto adalah aplikasi edit video yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini cocok untuk anda yang tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam mengedit video. Menggabungkan foto, musik, efek, teks, klip video, dan filter praktis dapat menghasilkan video yang luar biasa.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Artificial Intelligence (AI) yang dapat menganalisa video yang telah dibuat. Fitur ini juga dapat membantu Anda memilih bagian video yang paling menarik.

10. CapCut

CapCut saat ini sedang banyak digunakan oleh pembuat konten TikTok. Pasalnya, aplikasi ini sangat memudahkan pengguna karena telah menyediakan template, filter, dan musik yang bisa dihubungkan dengan akun TikTok.

CapCut sendiri merupakan aplikasi edit video yang bisa diunduh secara gratis. Dengan menghadirkan berbagai fitur di dalamnya, aplikasi ini bisa menghasilkan video tanpa watermark.

Itulah 10 aplikasi edit video android terbaik yang bisa di download gratis dan mudah digunakan untuk pemula. Semoga aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan aplikasi yang cocok untuk mengedit video.

Sebagai informasi, sebagian besar aplikasi pengeditan video Itu sudah dapat digunakan di perangkat iOS.

Tonton video”Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pembuat Konten
[Gambas:Video 20detik]

(fk/fay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.