Tekno  

10 Fakta Keikutsertaan Negara Muslim di Piala Dunia

LANGIT7.ID – , – Turnamen sepak bola internasional empat tahunan tahun ini, Piala Dunia, akan berlangsung di Qatar. Perhelatan sepak bola yang diikuti oleh 32 negara besar di dunia ini akan berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember 2022.

Dalam sejarah Piala Dunia, ajang ini terbilang spesial. Pasalnya, tuan rumah merupakan negara Islam pertama yang menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola akbar ini.

Selain Qatar, ada beberapa negara Islam yang ikut serta dalam Piala Dunia, seperti Maroko, Tunisia, Senegal, Iran, dan Arab Saudi.

Baca juga: Nonton Piala Dunia Qatar, Jangan Lupa Mampir ke 9 Destinasi Ini

Perhelatan Piala Dunia tidak lepas dari keikutsertaan umat Islam di dalamnya. Melansir dari About Islam, berikut 10 fakta keterlibatan dunia muslim dalam kompetisi sepak bola terbesar yang digelar sejak 1930 itu.


1. Negara Muslim Pertama di Piala Dunia

Mesir menjadi negara muslim pertama yang mengikuti Piala Dunia. Mesir menjadi peserta dalam acara ini pada tahun 1934 yang diadakan di Italia.

Saat itu Piala Dunia masih menerapkan sistem gugur dan Mesir langsung tersingkir setelah dikalahkan Hongaria 4-2.


2. Indonesia telah berpartisipasi

Indonesia, negara dengan penduduk muslim terbesar, juga pernah mencicipi berlaga di Piala Dunia. Saat itu, Indonesia mengikuti Piala Dunia 1938 di Prancis dengan menggunakan nama Hindia Belanda.

Seperti Mesir, Indonesia takluk dari tim Hungaria dengan skor 6-0.


3. Deretan Negara Muslim yang Berpartisipasi di Piala Dunia

Ada 15 negara mayoritas Muslim yang telah mengikuti 15 dari 21 Piala Dunia sepanjang sejarah. Mereka adalah Mesir, Indonesia (Hindia Belanda), Turki, Maroko, Tunisia, Iran, Aljazair, Kuwait, Irak, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Nigeria, Senegal, Pantai Gading, dan Bosnia dan Herzegovina.

Baca juga: Kenalkan Islam, Qatar Sambut Suporter Piala Dunia 2022 dengan Hadist Nabi


4. Gol Pertama Pesepakbola Muslim

Pemain asal Mesir Abdulrahman Fawzi menjadi pesepakbola Muslim pertama yang mencetak gol saat mengalahkan Hungaria pada 1934.


5. Kemenangan Pertama

Turki menjadi negara Muslim pertama yang memenangkan Piala Dunia. Kala itu, Turki berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 7-0 pada Piala Dunia 1954 di Swiss.

Pencapaian ini merupakan kemenangan terbesar bagi timnas muslim dalam pertandingan Piala Dunia.


6. Pertandingan Kontroversial

Pertandingan paling kontroversial dalam sejarah Piala Dunia terjadi pada tahun 1982 di Spanyol. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan “Disgrace of Gijon” atau Aib di Gijon yang mempertemukan Jerman Barat dan Austria.

Kedua negara ini melakukan pengkhianatan dalam sepak bola. Pada pertandingan itu Jerman menang 1-0, padahal pertandingan baru berlangsung 10 menit. Di sini kedua timnas mendapatkan skor yang sama dengan Aljazair, namun berbeda dalam gol yang dicetak.

Salah satu tim akan tersingkir jika ada gol tambahan dari pertandingan tersebut. Kedua timnas kemudian berhenti menyerang untuk memastikan tersingkirnya negara Muslim, Aljazair.

Baca juga: Lirik Hayya Hayya, Official Song Piala Dunia 2022


7. Rekor Terbaik Pertama di Negara Muslim

Rekor terbaik pertama timnas negara muslim dipegang Maroko saat berlaga di Piala Dunia 1986 di Meksiko. Saat itu, Maroko memuncaki grup atau lolos ke babak 16 besar. Namun, kemudian Maroko harus takluk dari timnas Jerman Barat, 0-1.


8. Gol Terbaik Pesepakbola Muslim

Gol terbaik yang dicetak pesepakbola asal negara Muslim dicetak oleh pemain Arab Saudi, Saeed al Owairan. Pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, Saeed melakukan aksi solo saat Arab Saudi menyingkirkan timnas Belgia dengan skor 1-0.

Aksi Saeed yang menggiring bola sejauh 64 meter dan melewati empat bek Belgia itu dijuluki The New York Time setara dengan Pele, pemain legendaris Brasil.


9. Pencapaian Terbaik Negara-Negara Muslim

Penampilan terbaik negara Muslim di Piala Dunia 2002 adalah timnas Turki. Saat itu kompetisi diadakan di Korea Selatan dan Jepang, dimana Turki berada di urutan ketiga setelah Brazil dan Jerman.

Ajang ini juga menjadi kali pertama pemain muslim masuk dalam jajaran Tim Bintang atau “All Star” Piala Dunia. Tiga pemain Turki menerima kehormatan tersebut.

Baca juga: Diperkuat Pemain Top Eropa, Maroko Bakal Jadi Kuda Hitam di Piala Dunia 2022


10. Pemain Terbaik Pesepakbola Muslim

Pesepakbola muslim terbaik yang pernah berlaga di Piala Dunia adalah Zinedine Yazid Zidane, pemain timnas Prancis. Zidane dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA di Piala Dunia 2006 di Jerman, serta pesepakbola Muslim pertama yang memenangkan penghargaan tersebut.

(Est)

Leave a Reply

Your email address will not be published.