Tekno  

3 Bantahan Indosiar tentang Tragedi Kanjuruhan

Jakarta, CNN Indonesia

Direktur Pemrograman Indosiar Harsiwi Achmad membantah tiga hal terkait Tragedi Kanjuruhan setelah permainan Liga 1 2022/2023 pada 1 Oktober 2022.

Hal itu diungkapkan Harsiwi usai memenuhi panggilan dari Komnas HAM, Kamis (13/10). Harsiwi mengatakan, ada sejumlah pertanyaan yang diajukan Komnas HAM kepada Indosiar selaku penyelenggara resmi Liga 1 2022/2023.

Yang pertama, Harsiwi, membantah pihaknya sengaja menayangkan pertandingan sepak bola pada malam hari untuk mengakomodir iklan rokok. Iklan yang muncul selama periode kompetisi dikatakan terjadwal.

Isu iklan rokok muncul dari pernyataan anggota Tim Gabungan Pencari Fakta Independen (TGIPF) Rhenald Kasali. Guru besar ekonomi Universitas Indonesia itu mengatakan, kemungkinan ada unsur iklan rokok yang memaksa pertandingan Liga 1 terpaksa dipaksakan pada malam hari.

“Tidak ada [mengakomodasi iklan tertentu]. Kemarin katanya ada akomodasi untuk iklan rokok. Saya katakan lagi, Liga 1 sejak kami memulai 2018, tidak ada sponsor rokok sama sekali. Kalau sponsor rokok muncul di TV, itu di bola karena itu sinyal waktu,” kata Harsiwi.

“Iklan rokok tidak memilih acara. Jadi bisa program apa saja yang tayang pada jam tersebut, yang penting tayang setelah pukul 21.30. Baik itu program liga dangdut, akademi dangdut, sinetron, tidak pilih-pilih. suatu program,” jelasnya.

Harsiwi juga membantah pihaknya menyiapkan sanksi kepada LIB jika tidak memenuhi kontrak pertandingan malam itu. Sebelumnya disebutkan ada pertandingan yang diminta Indosiar tampil pada malam hari.

“Aku juga ditanya [Komnas HAM], ‘Apakah ada penalti?’ Tidak ada penalti. Kami tidak pernah bekerja sama dengan LIB sejak 2018 dan setiap tahun selalu ada perubahan sekitar 20 persen perubahan jadwal siaran,” kata Harsiwi.

“Kami tidak pernah memberikan penalti. Dalam kontrak kami tidak ada klausul khusus yang menyatakan bahwa jika jam berubah, akan ada penalti,” kata wanita yang pernah bekerja di beberapa stasiun televisi lain di Indonesia ini.




Spanduk streaming langsung MotoGP 2022

Terakhir atau ketiga, Indosiar membantah terlibat dalam pembuatan jadwal kompetisi. Isu ini mengemuka sehingga Indosiar meminta pertandingan sejumlah klub berlangsung pada malam hari.

“Tadi kami jelaskan tentang jadwal siaran bahwa jadwal pertandingan adalah kewenangan final di LIB. Kenapa? Karena LIB adalah operator dari Liga 1, maka mereka akan berkomunikasi untuk menyiarkan kemudian akan ada diskusi dan akan ada solusi,” dia berkata.

[Gambas:Video CNN]

(abs/nva)





Leave a Reply

Your email address will not be published.