Tekno  

33 Tim Indonesia Bersaing untuk Inovasi Kendaraan Hemat Energi di Shell Eco-Marathon

Bisnis.comPRAYA – Sebanyak 33 tim dari Indonesia yang dihuni mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi saling unjuk gigi untuk menciptakan kendaraan hemat energi di Shell Eco-Marathon 2022.

Mereka akan menghadapi 16 tim lain dari berbagai negara di Asia seperti India, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Sementara itu, kompetisi inovasi akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11-15 Oktober 2022.

Hanya untuk informasi Shell Eco-Marathon merupakan kompetisi inovasi kendaraan hemat energi untuk pelajar.

Tim yang bertanding akan menjelajahi Sirkuit Mandalika menggunakan kendaraan irit. Para peserta akan ditantang untuk membuat kendaraan dengan perjalanan terjauh dengan menggunakan bahan bakar paling sedikit.

“Shell Eco-Marathon pertama kali diadakan di Indonesia, yang menyatukan mahasiswa, mitra bisnis, pelaku industri, pembuat kebijakan, untuk membantu mempromosikan inisiatif dan berkolaborasi lebih jauh dalam mencari solusi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan,” kata Ingrid Siburian President Director and Country Chair Shell Indonesia, Kamis (13/10/2022).

Sementara itu, Vice President Marketing Mobility Shell Indonesia Dian Kusumadewi mengatakan, Shell Eco-Marathon Indonesia 2022 merupakan kompetisi yang baik untuk mengakomodir berbagai inovasi di bidang otomotif dan energi.

“Melalui acara ini, kami menemukan semua pemangku kepentingan dari pemerintah, pengusaha dan mahasiswa untuk bertukar ilmu,” ujarnya, Kamis (13/10/2022).

Sementara itu, program ini menyediakan sarana bagi tim sekolah menengah dan universitas untuk mengeksplorasi setiap aspek desain dan teknologi, menggunakan keterampilan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Kemampuan itu dituangkan untuk membuat mobil yang sangat hemat energi kemudian membawanya ke trek dalam kompetisi.

Tim pelajar dan mahasiswa akan bertanding dalam dua kategori kendaraan, UrbanConcept dan Prototype.

Mereka akan merancang kendaraan yang dapat menempuh jarak terjauh dengan konsumsi energi paling sedikit. Sumber energi yang digunakan antara lain baterai listrik, sel bahan bakar hidrogen, bensin, etanol dan solar.

Sementara itu, kompetisi dengan kategori Prototipe adalah jenis kendaraan yang berpotensi menembus batas dalam efisiensi energi. Bekerja sesuai aturan yang berlaku, tim peserta akan mempertimbangkan ukuran dan berat, dan memungkinkan kendaraan menjadi efisien dan aerodinamis.

Sementara itu, kategori Konsep Perkotaan dibangun untuk mempertimbangkan kebutuhan manusia seperti kenyamanan pengemudi dan ruang untuk bagasi, serta untuk spesifikasi yang lebih layak jalan termasuk empat roda dan wiper kaca depan.

Desain mobil terlihat lebih dekat dengan mobil penumpang dan dirancang untuk tim yang mempertimbangkan mengemudi di kota.

Sedangkan Perguruan Tinggi dari Indonesia yang mengikuti Shell Eco-Marathon Indonesia 2022 adalah: Binus ASO School of Engineering, Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknik Bandung (ITB), Institut Teknik Surabaya (ITS), Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, Universitas Sriwijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Negeri Universitas Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, UPN Jakarta, UPI, dan Universitas Sumatera Utara (USU).


Cek berita dan artikel lainnya di berita Google


Konten Premium

Leave a Reply

Your email address will not be published.