Tekno  

5 Pesepakbola Indonesia Berstatus Personil TNI, Andalan Persib Bandung untuk Timnas Indonesia! : Bola Okezone

SEBANYAK 5 pesepakbola Indonesia yang berstatus personel TNI akan diulas pada artikel kali ini. Membahas sepak bola tidak akan pernah ada habisnya, kali ini ada sejumlah pesepakbola Indonesia yang juga berstatus personel TNI.

Pesepakbola Indonesia yang merangkap jabatan sebagai anggota TNI itu muncul setelah beberapa klub di Indonesia berafiliasi dengan TNI dan Polri. Hal ini pula yang menjadi penyebab munculnya pesepakbola yang berprofesi sebagai anggota TNI.



Tentunya bergabung dengan instansi militer atau kepolisian menjadi salah satu keuntungan bagi para pemain. Oleh karena itu, beberapa pemain terkenal memutuskan untuk bergabung dengan klub yang berafiliasi dengan dunia militer.

Inilah 5 Pesepakbola Indonesia yang Berstatus Personil TNI

5. Hati-hati dengan Lestussen

Hati-hati dengan Lestussen

Pemain pertama dalam daftar pesepakbola Indonesia berstatus personel TNI adalah pemain Persikabo 1973, Manahati Lestusen. Pemain asal Maluku ini juga anggota TNI.

Sebelum membela Persikabo 1973, Manahati Lestusen juga pernah bermain untuk klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia lainnya, seperti Barito Putera dan Bhayangkara FC. Tak hanya itu, Manahati Lestusen juga pernah bermain untuk klub Uruguay Penarol B dan klub Belgia CS Vise pada tahun 2013.

Saat ini, mantan pemain Barito Putera ini berpangkat Sersan Dua atau Sersan dan bertugas di satuan Polisi Militer Kodam VXI/Pattimura.

4. Fret yang Membutuhkan

Frets Butuan

Selanjutnya ada pemain Persib Bandung yaitu Frets Butuan. Frets Butuan memiliki profesi lain selain sepak bola, yaitu sebagai prajurit TNI.

Pemain yang berposisi sebagai winger kiri itu saat ini bertugas di Batalyon Infanteri Lintas Udara 330, Cicalengka, Bandung. Selain itu, mantan pemain PSMS Medan itu juga menjadi andalan Persib Bandung beberapa musim terakhir.

3. Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu

Berikutnya dalam daftar pesepakbola yang berprofesi sebagai TNI adalah Abduh Lestaluhu. Abduh Lestaluhu menjadi salah satu pemain yang diperbincangkan usai menendang bola ke bangku cadangan Thailand di final Piala AFF 2016.

Selain sebagai pesepakbola, Abduh Lestaluhu juga berprofesi sebagai anggota TNI. Pemain yang saat ini membela Persis Solo ini memiliki pangkat Sersan Satu atau Sersan di Detasemen Polisi Militer Angkatan Darat.

2. Andy Setyo Nugroho

Andy Setyo Nugroho

Di urutan keempat daftar pesepakbola yang berprofesi sebagai TNI adalah Andy Setyo Nugroho. Andy Setyo Nugroho menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19 yang menjuarai Piala AFF-19 2019.

Kini, Andy Setyo Nugroho adalah pemain dari Persikabo 1963. Selain profesinya sebagai pesepakbola profesional, Andy Setyo Nugroho juga tercatat sebagai anggota TNI dengan pangkat Sersan Satu atau Sersan dan ditugaskan di Komando Strategis Angkatan Darat atau KOSTRAD

1. Erwin Ramdani

Erwin Ramdani

Pemain terakhir dalam daftar pesepakbola yang berprofesi sebagai TNI adalah Erwin Ramdani. Erwin Ramdani menjadi pemain Persib Bandung sejak 2019.

Pemain berusia 29 tahun ini memiliki profesi selain sepak bola. Sama seperti empat pemain sebelumnya, Erwin Ramdani adalah anggota TNI yang saat ini bertugas di Denpom III/Siliwangi Bandung.


Leave a Reply

Your email address will not be published.