Tekno  

7 Kiper Peraih Sarung Tangan Emas Piala Dunia, Bintang No.1 Real Madrid : Okezone Bola

SEBANYAK 7 Kiper peraih Golden Glove di Piala Dunia akan dibahas disini. Salah satunya adalah kiper yang kini memperkuat Real Madrid.

Peran penjaga gawang dalam sebuah tim seringkali diabaikan karena jarang tercatat di papan skor. Namun, ketangguhan kiper ini juga menentukan kesuksesan tim.



Karena itu, Piala Dunia juga memberikan penghargaan khusus kepada kiper yang bermain bagus. Di bawah ini adalah tujuh kiper yang dinobatkan sebagai yang terbaik dalam satu edisi Piala Dunia.

Inilah 7 Kiper Peraih Sarung Tangan Emas di Piala Dunia

7. Michel Preudhomme

Michel Preudhomme

Michel Preudhomme adalah penjaga gawang Belgia. Ia dinobatkan sebagai kiper terbaik pada pentas Piala Dunia 1994 yang digelar di Amerika Serikat.

Saat itu penghargaan ini masih bernama Lev Yashin Award. Meski Timnas Belgia sudah tersingkir sejak babak 16 besar dengan rekor kebobolan empat kali. Namun kecemerlangan Michel Preudhomme membuat banyak orang terkagum-kagum.

6. Fabien Barthez

Fabien Barthez

Fabien Barthez tak hanya berhasil mengantarkan timnas Prancis menjadi juara di kampung halamannya. Ia juga meraih gelar kiper terbaik alias Lev Yashin Award pada Piala Dunia 1998 di Prancis.

Sepanjang turnamen, Les Blues – julukan timnas Prancis – hanya kebobolan dua kali. Tak ayal, mantan kiper Manchester United itu juga dinobatkan sebagai kiper terbaik.

5. Oliver Kahn

Oliver Kahn

Oliver Kahn adalah legenda sepak bola Jerman. Dia gagal memberi negaranya trofi di Piala Dunia 2002 tetapi memenangkan Penghargaan Lev Yashin.

Sebelum final dimainkan di ajang yang digelar di Korea Selatan-Jepang itu, Oliver Kahn hanya sekali memungut bola dari gawangnya. Namun sayang, di laga puncak gawang dua kali terguncang karena kecemerlangan Ronaldo Nazario. Jerman kalah 0-2 dari Brasil.

4. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon

Peran Gianluigi Buffon dalam kesuksesan timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006 di Jerman tidak bisa dipungkiri. Legenda Juventus itu hanya kebobolan dua kali sepanjang turnamen.

Yang pertama adalah gol bunuh diri saat bermain imbang 1-1 dengan Amerika Serikat di babak grup. Sedangkan yang kedua adalah gol penalti Zinedine Zidane di final melawan Prancis yang berakhir 1-1. Di partai puncak, Gli Azzurri – julukan timnas Italia – menang berkat adu penalti.

3. Iker Casillas

Iker Casillas

Iker Casillas juga punya peran brilian dalam kesuksesan timnas Spanyol merebut trofi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Sebagai catatan, pada edisi kali ini Lev Yashin Award telah diubah menjadi Golden Glove.

La Furia Roja –julukan timnas Spanyol- berhasil meraih trofi Piala Dunia setelah mengalahkan Belanda 1-0 di final. Iker Casillas berperan penting dalam kesuksesan itu setelah hanya kebobolan dua kali sepanjang turnamen.

2. Manuel Neuer

Manuel Neuer

Kiper legendaris Jerman Manuel Neuer menjadi pemain pilar bagi Joachim Low di Piala Dunia 2014 di Brasil. Golnya bergetar empat kali sepanjang turnamen, tetapi itu sudah cukup untuk membuatnya menjadi yang terbaik di acara tersebut.

Der Panzer – julukan timnas Jerman – membawa pulang trofi usai mengalahkan Argentina 1-0 di final. Itu merupakan trofi Piala Dunia keempat bagi Jerman atas keikutsertaannya di ajang ini.

1. Thibaut Courtois

Thibaut Courtois

Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Thibaut Courtois sukses membawa timnas Belgia ke babak semifinal. The Red Devils – julukan timnas Belgia – kemudian berhasil menduduki peringkat ketiga setelah mengalahkan Inggris dalam perebutan peringkat ketiga.

Kiper yang kini memperkuat Real Madrid itu paling banyak kebobolan di antara para seniornya. Ia merebut bola sebanyak enam kali sepanjang turnamen Piala Dunia 2018.


Leave a Reply

Your email address will not be published.