Tekno  

9 Oktober Peringati Hari Pos Sedunia, Begini Sejarah Sejarah

Minggu, 9 Oktober 2022 05:00
Reporter : Ayu Isti

9 Oktober Peringati Hari Pos Sedunia, Begini Sejarah Sejarah
Kantor POS Manado. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com – Pos adalah fasilitas umum yang melayani penerimaan, pengumpulan, penyortiran, dan pengantaran surat. Pada zamannya, sebelum teknologi canggih berkembang, layanan ini sering kali digunakan untuk komunikasi bagi masyarakat. Di mana komunikasi jarak jauh bisa lebih mudah dilakukan melalui layanan pos.

Sayangnya, perkembangan teknologi yang semakin maju mengubah kebiasaan komunikasi masyarakat. Kini, komunikasi lebih mudah dilakukan dengan mengandalkan ponsel, baik berkirim teks atau melakukan panggilan telepon. Bahkan, munculnya media sosial juga menambah pilihan komunikasi yang mudah diakses.

Secara otomatis, keberadaan teknologi ini menjadi tantangan tersendiri bagi eksistensi pos-pos di berbagai negara. Namun tak redup begitu saja, membuktikan bahwa layanan ini masih bertahan di tengah persaingan persaingan. Bahkan keberadaan pos harus diberikan apresiasi tinggi karena terus berusaha memberikan layanan terbaik bagi masyarakat hingga saat ini.

Sebagai bentuk penghargaan, peringatan khusus yang diterapkan setiap 9 Oktober, yaitu Hari Pos Sedunia. Tepat pada hari ini, penting bagi masyarakat untuk mengetahui lebih jauh mengenai sejarah Hari Pos Sedunia dan cara-cara yang bisa dilakukan untuk turut berkontribusi dalam peringatan ini.

Dilansir dari National Today, berikut kami merangkum sejarah peristiwa 9 Oktober yang diperingati sebagai Hari Pos Sedunia, tujuan, dan cara merayakannya, bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Pos Sedunia

Sejarah 9 Oktober yang diperingati sebagai Hari Pos Sedunia, berawal dari layanan pos Mesir Kuno yang berdiri sekitar tahun 2500 SM. Sementara itu, layanan pos resmi tertua konon berdiri pada tahun 550 SM di Iran. Seiring berjalannya waktu, layanan pos semakin berkembang. Mulai dari kurir untuk pengiriman surat hingga paket barang yang melintasi dunia dengan jarak hingga layanan mil.

Pada tanggal 9 Oktober 1874, Universal Postal Union (UPU) didirikan sebagai sarana kerja sama dan regulasi antara layanan surat negara-negara yang tergabung sebagai anggotanya. koperasi organisasi ini meningkatkan sistem layanan pos yang ada, di mana surat dan paket dapat mengalir bebas dengan mudah.

Baru pada tahun 1969, Hari Pos Sedunia diresmikan di Tokyo sebagai peringatan global setiap tahun. Dipilih tanggal 9 Oktober tidak dari tanggal organisasi UPU dibentuk. Dalam peringatan setiap tahun, 192 negara anggota UPU merayakan Hari Pos Sedunia untuk pentingnya surat universal dan kontribusi UPU bagi masyarakat dan ekonomi global.

Negara-negara sering mengadakan pameran perangko khusus dan meluncurkan pos baru. Sementara di India, India mengadakan acara khusus selama seminggu setiap tahun selama minggu 9 Oktober.

Bukan hanya itu, organisasi UPU menyelenggarakan kompetisi Menulis Surat Internasional untuk anak-anak hingga usia 15 tahun untuk memeriahkan peringatan ini. Pemenang dipilih dari setiap negara dan juara dunia dipilih oleh panel UPU. Program ini tidak hanya memuji literasi, tetapi juga senang menunggu surat.

3 dari 4 halaman

Tujuan Hari Pos Sedunia

Setelah mengetahui sejarah 9 Oktober yang diperingati sebagai Hari Pos Sedunia, penting bagi Anda untuk mengetahui tujuan dari peringatan ini. Hari Pos Sedunia diperingati sebagai bentuk penghargaan untuk layanan pos yang berjasa dalam memudahkan komunikasi dan menghubungkan masyarakat. Di mana layanan pos mengirimkan surat dengan cepat, efisien, dan yang terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu, tujuan Hari Pos Sedunia tidak lain untuk memberikan apresiasi pada petugas pos yang telah bekerja dengan baik. Bahkan kini sudah jarang digunakan, layanan pos masih eksis dan terus berusaha memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Tujuan peringatan Hari Pos Sedunia yang terakhir untuk mengingat bahwa era surat menyurat dan kartu pos adalah masa yang memberikan kegembiraan dan istimewa di hati masyarakat. Bahkan sarana komunikasi ini dinilai memiliki makna yang lebih dalam, dibandingkan dengan komunikasi yang semakin mudah dilakukan melalui internet saat ini.

4 dari 4 halaman

Cara Memperingati Hari Pos Sedunia

Setelah mengetahui sejarah 9 Oktober tentang awal Hari Pos Sedunia beserta tujuan, terakhir akan diberikan beberapa rekomendasi cara yang bisa dilakukan untuk merayakan peringatan ini. Pertama, Anda bisa mencoba berkirim surat lagi kepada teman jauh.

Meskipun kuno, namun Anda bisa mendapatkan sensasi gembira saat menerima balasan dari surat yang Anda kirimkan. Ini juga dilakukan untuk menghormati warisan budaya pos.

Cara kedua dengan memberikan ucapan terima kasih pada kurir pengantar surat atau paket. Meskipun sederhana, namun ucapan terima kasih ini menunjukkan sikap apresiasi pada pekerja yang telah memberikan layanan terbaik.

Terakhir, sebarkan informasi mengenai Hari Pos Sedunia melalui media sosial yang Anda punya. Menyebarkan informasi, berarti Anda turut mengedukasi orang-orang di sekitar tentang peringatan ini.

Semakin banyak orang yang mengetahui tentang peringatan Hari Pos Sedunia, maka semakin besar pula kesadaran masyarakat untuk menghargai jasa layanan pos dan tergerak untuk warisan budaya ini.

[ayi]

Leave a Reply

Your email address will not be published.