Tekno  

Agenda PSSI, FIFA, AFC, dan Pemerintah terkait Transformasi Sepak Bola Indonesia

BolaSkor.com – PSSI membeberkan rencana kegiatan FIFA dan AFC selama di Indonesia. Kedatangan FIFA dan AFC terkait dengan Transformasi Sepak Bola Indonesia yang diminta Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) pasca Tragedi Kanjuruhan.

Agenda Transformasi Sepak Bola Indonesia dimulai melalui pertemuan antara PSSI, FIFA, AFC, dengan sejumlah kementerian terkait dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (13/10).

Sejumlah kementerian yang dimaksud antara lain Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Pertama di Jakarta sekarang (13 Oktober 2022) untuk membahas linimasa dan rencana aksi serta pernyataan yang lengkap. Kami sudah sepakat sebelumnya (untuk membentuk Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia),” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

PSSI akan kembali menggelar pertemuan dengan FIFA dan AFC untuk membahas kelanjutan rencana kerja yang disiapkan Satgas Transformasi Sepak Bola. Pertemuan itu dijadwalkan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 17 Oktober mendatang.

“Kemudian pada tanggal 18 (Oktober), Presiden FIFA akan bertemu dengan Presiden Indonesia dan PSSI tentunya yang akan dilaksanakan di Jakarta. Presiden FIFA akan terbang ke Jakarta setelah kegiatan pada tanggal 17 dari Kuala Lumpur.”

Baca juga:

Lanjutan Liga 1 2022/2023 direncanakan akan dimulai pada akhir November

PSSI Bentuk Gugus Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia Bersama FIFA, AFC, dan Pemerintah

“Ini berisi komitmen FIFA, PSSI, dan pemerintah. Kami bersyukur presiden kita memperhatikan sepakbola dan tahu betul tentang batasan sepakbola apa yang harus dilakukan pemerintah dan apa yang bisa dilakukan FIFA dan sebagainya. Itu benar-benar memberi semangat yang luar biasa untuk Indonesia,” ujarnya.

Kemudian pada tanggal 28 Oktober akan diadakan acara FIFA Football for School. Rangkaian kegiatan ini akan ditutup dengan agenda G20 di Bali pada 11 November yang rencananya akan dihadiri.

“Ini akan menjadi tonggak pertama untuk memastikan keamanan sepakbola di kita khususnya, kemudian di Bali pada 11 November 2022, Presiden FIFA akan hadir di G20,” jelasnya.

“Ini adalah milestone kedua untuk menyatakan bahwa Indonesia adalah tempat yang aman untuk event internasional dan siap untuk memulai liga,” pungkasnya.

Di linimasa Dihimpun Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia, kompetisi Liga 1 2022/2023 akan dilanjutkan pada 25-26 November 2022.

Namun, sebelum Liga 1 sepenuhnya bergulir kembali, sejumlah aturan dan regulasi baru akan diuji. Uji coba akan dilakukan pada periode 15-18 November 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.