Tekno  

Alasan mengapa cuaca ekstrem akan berlanjut di 32 provinsi hingga 15 Oktober

Jakarta, CNN Indonesia

Setelah melanda sebagian besar wilayah Indonesia minggu lalu, cuaca ekstrim diperkirakan akan berlanjut hingga minggu depan. Ada faktor tambahan suasana yang menjadi pemicunya.

Dalam keterangan tertulis, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, “potensi cuaca ekstrem akan berlanjut hingga pekan depan (09-15 Oktober 2022)”.

Sebelumnya BMKG telah mengeluarkan rilis potensi cuaca ekstrim periode 02-08 Oktober 2022, dan berdasarkan analisa terakhir bahwa dinamika atmosfer di Indonesia masih cukup signifikan dan berpotensi meningkatkan potensi cuaca ekstrim. di beberapa daerah dalam sepekan ke depan,” ujarnya, Senin. (10/10).

Apa alasannya? Hasil analisis dinamika atmosfer terbaru menunjukkan sejumlah faktor. Pertama, sirkulasi siklon yang membentuk pola tikungan angin dan memperlambat kecepatan angin “yang dapat meningkatkan aktivitas konveksi dan pertumbuhan awan hujan”.

Kedua, fenomena Madden Jullian Oscillation (MDO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Equatorial dan gelombang Kelvin.

“Secara tidak langsung juga dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan,” kata Dwikorita.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksi potensi curah hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang untuk periode 9-15 Oktober 2022 di 32 provinsi.

Yaitu, Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Kep. Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Kategori Siaga

Dwikorita mengungkapkan, ada juga delapan daerah yang masuk kategori waspada.

“Untuk tiga hari ke depan (08-10 Oktober 2022), berdasarkan Prakiraan Berbasis Dampak, wilayah yang berpotensi terkena hujan lebat dengan kategori waspada perlu diwaspadai,” katanya.

Area-area tersebut adalah:

1. Sebagian Aceh

2. Sebagian Banten

3. Beberapa wilayah DKI Jakarta

4. Sebagian Jawa Barat

5. Sebagian Jawa Tengah

6. Sebagian Jawa Timur

7. Sebagian Kalimantan Barat

8. Sebagian Sulawesi Tengah

Rincian potensi dampak hujan lebat hingga tingkat kecamatan dapat diakses di website resmi BMKG.

BMKG juga menyarankan beberapa hal. Antara lain, “Memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem pengelolaan sumber daya air siap mengantisipasi peningkatan curah hujan.”

(bisa/arh)

[Gambas:Video CNN]


Leave a Reply

Your email address will not be published.