Tekno  

Ancaman Shin Tae-yong keluar dari timnas jika pengunduran diri Iwan Bule dianggap mendung

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – “Ancaman” Shin Tae-yong dianggap hanya memperburuk keadaan. Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan itu menyatakan akan mundur jika Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mundur dari jabatannya akibat tragedi Kanjuruhan.

Pernyataan Shin Tae-yong itu terungkap di Instagram.

Seperti diketahui, dorongan untuk mundur ke Iwan Bule – panggilan akrab Iriawan – meluncur pesat setelah insiden naas di Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang.

Menanggapi langkah Shin Tae-yong, pengamat sepak bola Indonesia Eko Noer Kristiyanto atau akrab disapa Eko Maung mengatakan, seharusnya Shin Tae-yong tidak mengomentari situasi saat ini.

Ia pun mengaku kecewa dengan apa yang dikatakan Shin Tae-yong, karena seharusnya ia dan tim pelatih fokus pada persiapan teknis timnas Indonesia.

“Tentang STY (Shin Tae-yong) seharusnya dia tidak ikut, karena itu akan memperburuk keadaan, dan dia tidak peka bahwa bangsa ini (Indonesia) sedang mengalami masalah serius mengenai kehidupan (korban),” kata Eko Maung saat dihubungi melalui telepon, Kamis (13/10/2022).

Menurutnya, apa yang akan dilakukan Shin Tae-yong akan membuat kecintaan para penggemar yang semula sangat antusias dan bangga mendukung perjuangan Timnas Indonesia, kini menjadi goyah.

Peneliti hukum Kementerian Hukum dan HAM RI yang juga pengamat sepak bola, Eko Noer Kristiyanto, mengatakan federasi bertanggung jawab atas tragedi Areman vs Persebaya.
Pengamat sepak bola, Eko Noer Kristiyanto, mengatakan seharusnya Shin Tae-yong hanya fokus pada pekerjaannya sebagai pelatih timnas. (researcher.balitbangham.go.id)

“Kalau dia (STY) ikut kan? pengganti (bingung), kasihan sekali suporter yang dulunya mau konsisten dan punya prinsip, harus ada pihak yang bertanggungjawab atas tragedi Kanjuruhan, sekarang sudah terguncang, karena kecintaan kepada timnas,” ujarnya. .

Dalam unggahannya, Shin Tae-yong menyatakan bahwa Iwan Bule adalah sosok yang sangat mencintai sepak bola Indonesia dan mendukung sepenuh hati agar terus berkembang.

Karena itu, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka dia juga akan ikut.

Baca juga: Shin Tae-yong Mengatakan Dia Mundur Jika Iwan Bule Mengundurkan Diri, Netizen Ikut Berkomentar, Pelatih, Apakah Anda Baik-Baik Saja?

Karena menurutnya, mereka semua adalah tim yang harus menanggung beban bukan hanya prestasi, tapi juga kesalahan rekan-rekannya.

Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi, dan mengundurkan diri, maka saya juga harus mengundurkan diri. Karena menurut saya jika ada kesalahan dari rekan kerja yang bekerja sama sebagai satu tim, maka saya juga memiliki kesalahan yang sama,” tulis Shin Tae-yong di akun Instagram pribadinya @shintaeyong7777, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Pernyataan Mengejutkan Shin Tae-yong: Jika Ketua PSSI Mundur, Saya Juga Akan Mundur

Menurutnya, sepak bola tidak bisa sukses jika hanya mengandalkan penampilan 11 pemain inti yang baik, bukan hanya staf pelatih yang baik.

Namun kesuksesan bisa diraih ketika semua orang bisa menjadi satu tim, mulai dari pemain inti, pemain cadangan, staf pelatih, ofisial, seluruh pegawai federasi, termasuk Ketua Umum.,” dia menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.