Tekno  

Apakah Ikan Tidak Pernah Tidur?

Jakarta, CNN Indonesia

Pria dan masih banyak hewan lainnya tidur dengan mata tertutup. Mengapa ikan tidak pernah terlihat memejamkan mata? Apakah tidak pernah istirahat atau tidur yang melek?

Culum Brown, dosen perilaku ekologi ikan dari Macquarie University, Australia, mengungkapkan bahwa ikan masih tidur dengan mata terbuka. Hal ini terjadi karena ikan tidak memiliki kelopak mata.

“Ikan tidak memiliki kelopak mata – mereka tidak membutuhkannya di bawah air karena debu tidak bisa masuk ke mata mereka. Namun, ikan tidur. Beberapa ikan tidur di siang hari dan hanya bangun di malam hari, sementara yang lain tidur di malam hari dan tetap terjaga. sepanjang hari,” katanya, dikutip dari Percakapan.

Jadi bagaimana Anda tahu jika seekor ikan tidur? Brown mengatakan ciri-ciri ikan tidur tidak jauh berbeda dengan manusia yang sedang beristirahat; tidak banyak bergerak, merespon sangat lambat atau tidak bereaksi sama sekali.

“Sangat mudah untuk mengetahui kapan ikan sedang tidur: mereka berbaring tak bergerak, sering di dasar atau dekat permukaan air. Mereka lambat merespons hal-hal yang terjadi di sekitar mereka, atau mungkin tidak merespon sama sekali,” jelasnya.

“Jika Anda melihat insang mereka, Anda akan melihat mereka bernapas sangat lambat,” tambahnya.

Menurutnya, beberapa ilmuwan mempelajari ikan yang hidup di gua yang selalu gelap memiliki ritme tidur yang berbeda dengan ikan yang hidup di perairan dengan sinar matahari.

“Bahkan pada beberapa spesies ini ada saat-saat aktivitas rendah yang terlihat seperti tidur,” katanya.

Sementara itu, kata Brown, beberapa ikan, seperti tuna dan hiu, harus berenang sepanjang waktu untuk bernapas. “Kemungkinan besar ikan ini tidur dengan setengah otak mereka pada suatu waktu, seperti lumba-lumba,” katanya.

Selain itu, ada cara unik tidur pada ikan kakatua (parrot fish). Mereka kepompong lendir di sekelilingnya di malam hari. “Kantung tidur kotor dan lengket yang dapat melindungi mereka dari parasit yang menyerang mereka saat mereka tidur,” jelas Brown.

Jika ikan sedang tidur, bagaimana Anda memeriksa apakah mereka sedang bermimpi?

Gejala mimpi pada manusia atau beberapa hewan biasanya ditandai dengan mata tertutup yang bergerak cepat dalam fase tidur Rapid Eye Movement (REM). Masalahnya, ikan tidak menutup matanya.

“Orang-orang bertanya-tanya apakah ikan bermimpi saat mereka tidur. Sejauh ini kami tidak memiliki jawaban untuk pertanyaan itu, tetapi rekaman video terbaru dari gurita tidur menunjukkan bahwa ia berubah warna, yang menunjukkan bahwa ia mungkin bermimpi bersembunyi dari pemangsa atau menyelinap. pada mangsanya sendiri (itulah sebabnya gurita berubah warna ketika mereka bangun),” kata Brown.

Ia mengatakan, ikan saat ini sedang dipelajari sebagai bahan kajian siklus gangguan tidur pada manusia.

Dilaporkan dari SainsHarian, ikan bahkan bisa mengalami kesulitan tidur atau insomnia seperti manusia. Salah satu ikan yang mengalami gangguan tidur adalah ikan zebra, yang biasanya dipelihara sebagai hewan peliharaan di akuarium.

Hal itu terungkap dalam penelitian ilmuwan dari Stanford University School of Medicine yang akan dipublikasikan di Public Library of Science – Biology. Konon, ikan zebra yang biasa dipelihara di akuarium dapat memiliki mutasi genetik yang terkait dengan masalah tidur.

Emmanuel Mignot, profesor psikiatri dan ilmu perilaku, menemukan gen yang bertanggung jawab atas narkolepsi, atau gangguan tidur, dalam bentuk kantuk berlebihan di siang hari di Dobermans dan Labrador pada 1999.

Narkolepsi mempengaruhi satu dari 2.000 orang, dengan sedikit yang mengakui kantuk mereka sebagai masalah medis. Gejalanya tidak hanya katapleksi atau kelemahan otot secara tiba-tiba yang dapat menyebabkan seseorang pingsan, tetapi juga mengantuk di siang hari dan tidur tidak teratur di malam hari.

Mignot menemukan bahwa neuron di hipotalamus otak, area yang mengontrol perilaku dasar seperti lapar dan seks, mengeluarkan neuropeptida yang disebut hypocretin.

Inilah yang sedang diuji pada ikan zebra melalui isolasi genetik dan pemantauan sistem sarafnya. “Larva ikan zebra transparan yang berarti Anda dapat melihat langsung jaringan saraf mereka, bahkan pada ikan hidup,” kata Mignot.

“Idenya adalah mencoba menggunakan ini sebagai titik masuk untuk memahami neurobiologi regulasi tidur.”

[Gambas:Video CNN]

(lom/lth)

[Gambas:Video CNN]


Leave a Reply

Your email address will not be published.