Tekno  

Apakah Liga 1 Dilanjutkan atau Tidak? Apakah akan dilanjutkan pada tiga tanggal tersebut?

Terasjabar.id – Akhirnya Liga Indonesia Baru PT (LIB) selaku operator sepakbola Indonesia akan memastikan jadwal tersebut Liga 1 2022 -2023 bergulir kembali pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), besok, Selasa (15/11/2022).

Bagaimana sikap PSSI Semarang ke Persib dan PSM Makassar? Jadi, RUPSLB akan dihadiri oleh para pemilik klub Liga 1 2022. Jika tidak ada kepastian, dikhawatirkan berimbas Timnas Indonesia.

Ya, PT LIB sebelumnya mengumumkan tiga opsi tanggal yang dapat digunakan sebagai jadwal dimulainya kembali Liga 1 2022 musim ini.

Opsi ini adalah 18 November, 25 November, dan 2 Desember 2022.

“Akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa. Tanggal 15 November,” kata Kepala Hubungan Media tersebut. PT LIB, Hanif Marjuni, Senin (14/11/2022).

Terkait sistem pertandingan home and away atau bubble to bubble, Hanif mengatakan hal itu juga akan dibahas dalam rapat tersebut.

Tentu hal itu akan menjadi perhatian seluruh klub peserta Liga 1.

“Semuanya akan bergantung pada kondisi terkini. Pada dasarnya semua klub ingin liga dilanjutkan,” kata mantan media officer Persija itu.

Sementara itu, Pelatih PSM Bernardo Tavares mengatakan pemain saat ini membutuhkan pertandingan kompetitif untuk memiliki motivasi.

Karena tidak ada orang yang mau hanya berlatih terus menerus tanpa ada kepastian persaingan.

“Tidak ada yang mau latihan, latihan, latihan. Kita mau latihan, nanti ada pertandingan. Itu pun pertandingan kompetitif, jadi kita juga punya motivasi untuk latihan setelah pertandingan,” ujarnya saat ditemui di Stadion Kalegowa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (10/11/2022).

Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan tim saat ini sambil menunggu keputusan liga dilanjutkan atau tidak.

“Maka dengan ketidakpastian seperti ini, kami harus menjaga kebugaran, agar ketika liga dilanjutkan, kami harus siap,” kata juru taktik asal Portugal itu.

Tavares menyebut jika Liga 1 dilanjutkan, tetap harus dihadiri suporter.

“Suporter adalah jantung sepak bola. Tanpa suporter, sepak bola tidak ada artinya,” ujarnya.

Ia pun mempertanyakan gagasan jika Liga 1 bergulir tanpa suporter dari pemilik otoritas (PSSI, PT LIB, Polisi, Pemerintah).

Tragedi yang terjadi di markas Arema FC, Stadion Kanjuruhan, seharusnya tidak berdampak pada tim lain.

“Kenapa semua klub harus bermain tanpa suporternya. Kalau mau menghukum Arema, boleh saja. Namun, dampak menghukum semua klub jelas akan merusak segalanya,” ujarnya.

“Sepak bola tidak lengkap tanpa suporter. Sepak bola bukanlah sepak bola tanpa suporter dan ini akan merusak motivasi para pemain dan aktor sepak bola.

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, dikabarkan membuka peluang jadwal tes tandang bersama klub tersebut Liga 1 2022 setiap akhir pekan.

Ya, Luis Milla memiliki kesempatan untuk melakukan itu. Menurutnya, latihan bersama akan sangat bermanfaat bagi Persib Bandung.

Ia, kata dia, bisa memantau kebugaran pemain Persib Bandung setelah sepekan latihan.

Pembalap Spanyol itu membuka tangannya lebar-lebar melawan klub-klub dari Liga 1 dan Liga 2.

Tentu saja, tim dari Liga 1 2022 akan memberikan ujian yang lebih besar kepada karyawan Pangeran Biru karena mereka memiliki kualitas yang setara.

“Rencananya setiap Sabtu-Minggu ada agenda test match, dan mungkin bisa jadi agenda selanjutnya, melawan tim dari Liga 1,” kata Milla.

Latihan bersama juga menjadi bahan bagi tim pelatih untuk mengevaluasi setiap pemain guna mengukur kesiapan mereka menghadapi pertandingan Liga 1.

Hingga saat ini lanjutan Liga 1 sendiri masih mengalami penundaan.

“Sementara masih menunggu informasi dari manajemen terkait kelanjutan kompetisi, belum bisa membuat rencana lebih lanjut.
“Jadi, saya hanya punya ide untuk melanjutkan latihan setiap satu minggu ke depan,” ujar pelatih yang juga pernah melatih itu Timnas Indonesia itu.

Sekarang, PSSI Semarang Di tengah penghentian kompetisi, ia tetap menjalankan program latihan reguler.

Tak hanya itu, Taisei Marukawa dkk juga diprogramkan untuk memainkan trial party. Sejauh ini, tim Mahesa Jenar sudah dua kali melakukan uji coba, yakni saat menghadapi tim Mahesa Jenar Muda Semarang (PSIS U-20) dan Persijap Jepara.

Pelatih Kepala PSIS, Ian Andrew Gillan mengatakan, langkah ini diambil semata-mata agar performa para pemain bisa terjaga.

Ian Gillan menegaskan ingin kondisi pemain benar-benar terjaga hingga Liga 1 bergulir.

”Sejauh ini kondisi pemain bagus meski tidak dalam kondisi ideal. Kami akan bekerja lebih keras untuk menyelesaikan semuanya,” kata Ian Gillan, Kamis (3/11/2022).

Sedangkan untuk pertandingan uji coba, Ian mengatakan sebenarnya tetap diperlukan untuk menjaga kekompakan dan komunikasi para pemain.

Namun, hal itu diserahkan kepada manajemen.

Informasi yang diperoleh Tribunmuria.com dari beberapa pihak, PSIS sebenarnya menggelar laga uji coba melawan Persipa Pati pada pekan ini, namun rencana tersebut dibatalkan karena Persipa dikabarkan sedang meliburkan tim.

”Uji coba tentu cukup penting. Setelah melawan PSIS U-20 dan Persijap, pasti butuh satu trial lagi,” ujarnya.

Di sisi lain, Ian Gillan menuntut para pemain PSIS bekerja lebih keras untuk mempertahankan dan meningkatkan performanya.

Belum ada kepastian Liga 1 kembali digulirkan, menuntut para pemain disiplin menjaga kebugaran.

Selain mematangkan pola permainan, Ian Gillan juga menyediakan menu latihan fisik.

”Tantangan terbesar pemain menghentikan kompetisi adalah disiplin menjaga kebugaran dan ketahanan fisik. Saya tahu, kebosanan terjadi karena setiap hari hanya latihan saja,” ujarnya.

“Namun ini menjadi tantangan bagi mereka untuk terus bekerja keras menjaga kondisi. Ini sangat penting agar nantinya kompetisi tetap berjalan ketika sudah siap,” ujarnya.

Hamka khawatir Timnas Indonesia Terpengaruh

Mantan bek timnas Indonesia, Hamka Hamzah, mengaku khawatir Shin Tae-yong kesulitan mencari pemain terbaik untuk Piala AFF 2022.

Hal itu tak lepas dari kompetisi Liga 1 yang hingga kini belum jelas kapan akan dilanjutkan kembali.

Diakui Hamka, stagnasi Liga 1 membuat klub kesulitan membayar gaji pemain, pelatih, dan staf.

“Karena bagaimanapun kita serba salah juga, pemain yang tidak suka berlatih terus dibayar.”

“Suatu hari pemilik klub, bukan hanya Bekasi tapi semuanya, tidak ada pemasukan,” kata Hamka dikutip SuperBall.id dari Kompas.com.

Selain itu, Hamka juga mengatakan tidak berjalannya kompetisi akan berdampak pada Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan berlaga di Piala AFF 2022 yang dimulai pada 20 Desember mendatang.

Hamka menilai pelatih Shin Tae-yong membutuhkan pertandingan-pertandingan dalam kompetisi untuk menemukan talenta-talenta terbaik Tanah Air.

Oleh karena itu, dia khawatir Shin Tae-yong tidak bisa melihat pemain terbaik dengan stagnasi Liga 1.

Menurutnya, persaingan membuat Shin Tae-yong memiliki lebih banyak pilihan pemain untuk dipanggil timnas Indonesia.

“Apalagi timnas kita ingin bermain, jangan sampai Shin Tae-yong tidak bisa melihat pemain terbaik untuk Piala AFF Desember nanti.”

“Karena bagaimanapun kita para pemain ingin melihat timnas kita menang, jadi biarkan Shin-Tae-yong punya banyak pilihan,” kata Hamka.

Tak hanya Hamka, sebelumnya Marc Klok juga mendesak agar Liga 1 segera dimulai untuk kepentingan Timnas Indonesia.

Menurutnya, kompetisi dibutuhkan untuk meningkatkan kondisi fisik jelang tampil di Piala AFF 2022.

“Harapan saya secepatnya bisa diadakan lagi, termasuk untuk timnas,” kata Klok.

“Karena para pemain harus segera kembali fit.”

“Karena kami bermain di Piala AFF pada bulan Desember, kami membutuhkan sepak bola yang kompetitif sesegera mungkin.”

“Harapan saya kompetisi bisa segera dimulai lagi karena situasinya sudah terlalu lama.

“Sejauh ini kami belum memiliki tanggal (kepulangan) resmi dan banyak hal selalu berubah.”

“Kita harus bermain sepak bola, semua orang di negara ini membutuhkan sepak bola,” tambahnya.

Di Piala AFF 2022, timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

(Tribunkalteng.com/ Tribun Timur )

Artikel ini diterbitkan pada Tribunkalteng.com bertajuk Jadwal Resmi Liga 1 2022 Usai Rapat PT LIB Selasa 15 November, Begini Sikap PSM dan PSIS, https://kalteng.tribunnews.com/2022/11/14/dinding-liga-1-2022-resmi-seusai-pertemuan-pt-lib-selasa-15-november-ini-sikap-psm-dan-psis? halaman=semua.

virus Liga 1 RUPSLB Lanjutan Liga 1 BRI Kapan BRI Liga1 Dilanjutkan? Kapan liga 1 dimulai?

Leave a Reply

Your email address will not be published.