Tekno  

Bali Menjadi Pulau Fabrikasi Digital Pertama di Dunia

INDOZONE.ID – Pemerintah Provinsi Bali bersama Fab City Foundation dan Meaningful Design Group mendeklarasikan Bali sebagai ‘Fab Island’ atau pulau fabrikasi digital. Lokasi deklarasi berada di Jimbaran, Bali.

Pengumuman dilakukan bersamaan dengan Bali Fabfest, ajang global yang mempertemukan para pelaku industri kreatif, termasuk seniman dan pengrajin. Yang mana, memanfaatkan teknologi dalam berkarya dan para penggiat fabrikasi digital.

“Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan industri kreatif dan potensi pariwisata tertinggi,” kata Tomas Diez, Executive Director Fab Foundation dan Founding Partner dari Meaningful Design Group. Di antaraRabu (19/10/2022).

“Selain memiliki banyak bakat pembuat dan penggiat fabrikasi digital, Bali juga merupakan tempat pertemuan bagi banyak budaya, ilmu pengetahuan, dan orang-orang dari seluruh dunia. Inilah salah satu alasan kami memilih Bali sebagai lokasi kegiatan Fab City tahun ini yaitu Bali Fab Fest,” lanjutnya.

Baca Juga: Banjir Bandang Menerjang Bali, Begini Kondisi Jalur Akses Denpasar-Gilimanuk

Putu Agung Prianta, Panitia Pengarah Bali Fab Fest dan Mitra Pendiri Grup Desain Bermaknamengatakan Bali adalah pulau pertama di dunia yang dinyatakan sebagai Fab Island yang bergabung dengan jaringan global.

Bali Fab Fest dihadiri oleh lebih dari 300 pegiat fabrikasi digital dan industri kreatif dari berbagai negara. Mereka berasal dari berbagai latar belakang profesional, termasuk desainer, peneliti, inovator, serta seniman dan perajin.

Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan Fab City Network, sebuah inisiatif fabrikasi digital global yang sudah berjalan di 41 kota di seluruh dunia.

Selain itu, gerakan ini telah melahirkan dan menghubungkan 2.500 fab lab (laboratorium fabrikasi) di berbagai negara, ke dalam jaringan global yang memungkinkan kolaborasi dan pertukaran pengetahuan.

Baca Juga: Pemandangan Villa di Bali yang Juga Kebanjiran, Air Kolam Renang Berubah Warna

Misi jangka panjang Fab City Network adalah menyediakan area yang dapat memenuhi hampir semua kebutuhan konsumsi mereka secara lokal dan mandiri pada tahun 2054.

Sementara itu, Gubernur Bali, I Wayan Koster mengatakan, terselenggaranya Bali Fab Festival 2022 diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Bali, khususnya dalam mendukung pembangunan Bali. Program Pulau Pintar Bali.

Hal ini merupakan bagian dari Program Transformasi Ekonomi Bali sesuai dengan Visi Pembangunan Bali yaitu ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’, melalui Pola Pembangunan Universal yang Direncanakan Menuju Bali Era Baru.

Ia menyampaikan, konsep Fab City yang mendorong tumbuh dan berkembangnya ekonomi sirkular dengan antusias, sehingga daerah dapat memenuhi kebutuhannya, dengan memproduksi sendiri produk-produk yang dibutuhkan.

Baca Juga: Keindahan Pantai Suluban Uluwatu, Bagaikan ‘Mahkota’ Tersembunyi Di Balik Karang Bali

Hal itu dilakukan dengan dukungan teknologi canggih, sangat sejalan dengan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’, dan salah satu prinsip dalam Trisakti Bung Karno, yaitu mandiri secara ekonomi.

Dengan mendeklarasikan dirinya sebagai Fab Island, Bali menjadi bagian dari jaringan global teknologi, inovasi dan teknologi kewiraswastaan memberdayakan masyarakat Bali hingga ke akar rumput.

“Dengan Bali menjadi Fab Island, sektor pariwisata yang saat ini mendominasi perekonomian Bali, akan dikembangkan atau diberdayakan dengan jenis pariwisata baru, yaitu pariwisata atau pariwisata berbasis teknologi. teknologi pariwisatakata Wayan Koster.

“Pariwisata berbasis teknologi ini akan berkolaborasi dengan masyarakat lokal untuk mencari solusi atas tantangan yang mereka hadapi melalui penelitian, pengembangan dan co-production,” lanjutnya.

Sementara itu, Steering Committee Bali Fab Fest Ilham Habibie mengatakan, sebagai Fab Island, perekonomian Bali tidak hanya akan datang dari pariwisata. Tapi bisa dari bidang teknologi.

“Ini akan memberikan kesempatan bagi siapa saja, termasuk talenta lokal, untuk belajar tentang teknologi dan berbagi pengetahuan. Bali Fab Fest merupakan awal yang akan menunjukkan arah masa depan perekonomian lokal dan nasional,” tambah Ilham Habibie.

Artikel Menarik Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published.