Tekno  

Bank Permata, Menjadi Bank Pilihan di Pasar Digital

Theresia Kusumaningtyas, Division Head HR Learning & Development Bank Permata (baju batik) bersama tim HR Learning and Development).
Theresia Kusumaningtyas, Division Head HR Learning & Development Bank Permata (baju batik) bersama tim HR Learning and Development).

Pandemi Covid-19 telah memicu tren baru dalam perilaku pelanggan dan meningkatkan ekspektasi akan pengalaman digital yang mulus. Realitas ini sangat dirasakan oleh Bank Permata.

Sebagai salah satu bank dengan Peringkat Buku IV tertinggi di semua kategori Bank Buku⸺ Bank Permata merasakan persaingan yang ketat dalam menjaring dan mempertahankan nasabah. Persaingan ini tidak hanya datang dari bank lain, tetapi juga dari perusahaan tekfin yang berkembang pesat. Menurut data Fintech.id, per kuartal IV/2021 ada hampir 100 perusahaan tekfin.

Oleh karena itu, menurut Theresia Kusumaningtyas, Kepala Divisi Pembelajaran & Pengembangan SDM Bank Permata, “Inovasi adalah strategi utama untuk memenangkan pasar saat ini, karena teknologi akan semakin mendorong transformasi perbankan yang akan membentuk masa depan industri perbankan.”

Tantangan yang dihadapi adalah bagaimana Bank Permata menjadi bank pilihan di pasar digital yang kompetitif, serta membina hubungan dan menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan. Untuk mewujudkannya, bank ini memiliki: keharusan strategis yang didasarkan pada tiga pilar, yaitu skala bisnis, profit, dan digital.

Pilar pertama, skala bisnis. Theresia menjelaskan, cara untuk meningkatkan skala bisnis adalah dengan mengembangkan basis pelanggan (customer), mengembangkan kemitraan, membangun ekosistem, mentransformasi jaringan, memperdalam hubungan, melakukan jual silang secara aktif, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mengeksplorasi peluang pertumbuhan anorganik.

Pilar kedua, untung. Caranya, dengan menentukan selera risikomemahami persamaan risiko, membangun disiplin analisis keuangan, memahami persamaan investasi atau pengembalian, mengelola kerugian, dan mengelola pengendalian keuangan dengan baik (kontrol atas kinerja bisnis).

Pilar ketiga, digital. Triknya, Bank Permata harus bikin digital dimana-mana (digital di mana-mana), menerapkan disiplin ilmu data proses, menerapkan kecerdasan buatan & pembelajaran mesinmembangun intelijen perusahaan, dan menjaga agar teknologi perangkat keras dan perangkat lunak tetap relevan.

Halaman selanjutnya

Ketiganya menjadi pilar strategi yang dilakukan dalam rangka mewujudkan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.