Tekno  

Beda WA dan Telegram, pilih yang mana?

Perbedaan WA dan Telegram perlu kamu ketahui. Sekilas WA dan Telegram adalah sama, namun ada perbedaan jika Anda melihat ke belakang. Kedua aplikasi chat tersebut memiliki banyak fitur yang bermanfaat.

Semakin banyak waktu terus bertambah dan bertambah. Hal ini juga dibarengi dengan perkembangan teknologi dan digital. Nah, jika ingin menjalin komunikasi itu mudah.

Ada begitu banyak aplikasi pendukung untuk berkomunikasi, bahkan dari jarak jauh. Ya, ada banyak pilihan jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan. Di Indonesia sendiri, aplikasi komunikasi yang cukup populer adalah Telegram dan WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Undo Hapus Fitur Edit Pesan Setelah Terkirim

Ketahui Perbedaan WA dan Telegram

WhatsApp dan Telegram, keduanya merupakan aplikasi chatting atau messaging yang banyak digunakan oleh masyarakat Tanah Air. Seperti yang Anda ketahui, saat ini berkirim pesan sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

Jadi, WhatsApp dan Telegram terus bersaing untuk memberikan layanan terbaik. WA dan Telegram adalah 2 aplikasi messaging yang banyak menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Pasalnya, ada berbagai perbedaan pada kedua aplikasi tersebut.

Meski WhatsApp memiliki lebih banyak pengguna, fitur yang terdapat di Telegram tak kalah menarik. Agar lebih jelas, berikut perbedaan WhatsApp dan Telegram yang perlu Anda ketahui.

Sinkronisasi

Anda tidak dapat berbagi WhatsApp di beberapa perangkat. Jika Anda sudah login di satu perangkat, maka Anda tidak bisa login secara bersamaan menggunakan perangkat lain.

Sementara itu, Telegram berbasis cloud. Jadi Anda bisa login Telegram menggunakan berbagai perangkat. Seperti handphone, PC, tablet, dan lain sebagainya.

Keamanan

Di Telegram, Anda dapat mengobrol sepuasnya dengan aman. Pasalnya, ada fitur chat rahasia dengan pesan, foto, dan video yang bisa hilang dengan sendirinya. Telegram juga menawarkan kode sandi tambahan.

Jadi, Anda harus memasukkan kode sandi untuk membuka aplikasi. Telegram menggunakan infrastruktur dan enkripsi multi-pusat data.

Sedangkan WhatsApp mengikuti jejak Telegram dengan menyematkan fitur enkripsi ujung ke ujung.

Jika Anda tidak ingin bermain Telegram lagi, Anda dapat membuat akun Anda hilang dengan sendirinya.

Jumlah Anggota Grup

Jumlah member di grup Telegram lebih banyak, bisa mencapai 10 ribu orang. Kemudian ketika Anda ingin menyiarkan pesan terkait, Telegram tidak membatasi jumlah pesan yang dapat Anda kirim. Sedangkan jumlah anggota grup WhatsApp hanya terdiri dari 250 orang.

Baca juga: Cara Cari Pesan WA Berdasarkan Tanggal, Berikut Fiturnya

Jenis dan Ukuran File Terkirim

Perbedaan WA dan Telegram selanjutnya adalah jenis dan ukuran file yang dikirim. Dengan Telegram, Anda dapat mengirim pesan, foto, video, dan berbagai file. Ukuran file yang bisa Anda kirim mencapai 1,5 GB.

Pesan yang Anda terima dapat disimpan di Cloud atau Anda dapat mengunduhnya ke telepon Anda. Sedangkan WA hanya bisa mengirim file dengan ukuran maksimal 100 MB.

Penyimpanan

Telegram dapat menyimpan pesan di Cloud. Sementara itu, WhatsApp menyimpan pesan di telepon. Hal ini akan membuat memori ponsel cepat habis.

Stiker

Telegram mendukung pencarian gambar gif animasi, aplikasi pengeditan foto, dan dukungan platform stiker terbuka tersedia. Sementara WhatsApp hanya memiliki beberapa fitur tersebut.

Hashtag

Telegram memiliki fitur hashtag yang membuat obrolan grup menjadi lebih terstruktur. Sementara itu, WhatsApp belum memiliki fitur hashtag.

bot

WhatsApp tidak memiliki fitur bot seperti Telegram. Bot adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi.

Bot ini dapat melakukan perintah apa pun? Seperti broadcasting, games, dan berbagai aktivitas lainnya.

Baca juga: Cara Melaporkan Akun Telegram dengan Mudah dan Sederhana

Panggilan suara

Di WhatsApp, Anda dapat mengirim panggilan suara (pesan suara). Sementara itu, di Telegram Anda tidak dapat mengirim panggilan suara.

Masing-masing aplikasi perpesanan ini tentunya memiliki keunggulan terbaiknya. Kini kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang sangat bagus dan mampu menjawab kebutuhan penggunanya.

Nah itulah tadi informasi mengenai perbedaan WA dan Telegram. Gunakan keduanya atau pilih salah satu aplikasi perpesanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda! (R10/HR-Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.