Tekno  

Berawal dari Makassar, Suporter Sepak Bola di Indonesia Deklarasikan Damai

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Ratusan orang dari berbagai suporter klub sepak bola di Indonesia memadati Tribun Lapangan Karebosi Makassar, Sabtu (22/8) malam, untuk menyatakan perdamaian antar suporter.

Deklarasi bersama yang dimulai dari kota Makassar ini dirangkai dengan doa bersama Yasinan dan Tahlil Akbar atas musibah atau tragedi Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur yang menelan ratusan korban jiwa.

Sejumlah pimpinan perwakilan TNI-Polri juga berbaur membacakan doa. Seperti Dansat Brimob Polda Sulsel, Pol Kombes Heru Novianto, Kapolres Makassar dan Dandim Tabes.

Perwakilan suporter yang hadir adalah Arema FC (Aremania), PSM Makassar (The Macz Man), Persija Jakarta (JakMania), Persebaya Surabaya (Bonek), Persib Bandung (Bobotoh), Persela Lamongan (LA Mania) dan Madura United (K- Konk).

Perwakilan Aremania selaku Ketua Cabang Aremania Kabupaten Gowa, Muhammad Chaerul Hadi berharap, doa bersama ini. dapat dilaksanakan setiap tahun. Sebagai penggemar Arema, ia sangat bersyukur dengan gelar doa bersama.

Chaerul juga ingin warna pendukung di Sulsel selalu bersatu terlepas dari mana pendukungnya berasal. Baik itu kuning, merah, hijau atau biru semua sama.

“Kita start dari Makassar, Sulawesi Selatan tanpa ada perbedaan. Karena bola hanya 90 menit. Hanya 90 menit memisahkan fans. Setelah itu, kita Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Komandan Satuan Mobil Brigade Mobil (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Heru Novianto mengatakan, doa bersama Yasinan dan Tahlil Akbar ini merupakan bentuk duka bagi korban meninggal di Kanjuruhan, Malang. Meski jauh, aku merasakan kesedihan ini.

“Makanya kita berkumpul disini (Tribun Karebosi) baik dari Suporter PSM, Aremania, JakMania, Bonek, Bobotoh, LA Mania dan K-Conk. Pokoknya semua yang ada di Makassar kita berkumpul disini dalam rangka mengirimkan doa bersama para korban,” ujar Heru.

Heru menjelaskan, kegiatan tersebut dibungkus dengan doa bersama dengan Yasinan dan Tahlilan sebagai bentuk duka di Makassar. Kemudian sebagai tempat berkumpulnya sesama pendukung di Makassar, agar tetap utuh dan damai.

“Maka kita akan wujudkan silaturahim ini dan kita sangat ingin agar suporter di Makassar bisa rukun dan harmonis mendukung timnya dalam sportifitas,” jelasnya.

“Bahkan kita deklarasikan dan ada enam poin yang dideklarasikan. Salah satunya adalah kita akan tetap damai dan bersama di Kota Makassar,” kata Heru.(Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.