Tekno  

Bupati Purwakarta Ditunjuk Sebagai Pemimpin Literasi Digital Daerah

PURWAKARTA, TINTAHIJAU.COM – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil menganugerahkan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika sebagai Pemimpin Literasi Digital Daerah Tahun 2022. Bupati yang kerap disapa Ambu Anne ini dinilai berperan aktif dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan literasi digital di Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diberikan dalam agenda Festival Literasi Digital (Viral) Jawa Barat 2022 yang merupakan bagian dari Road to West Java Festival 2023 yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Mewakili Bupati Purwakarta, penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha yang didampingi Kabag Komunikasi dan Informatika Purwakarta Rudi Hartono dalam kegiatan tersebut.

Dalam keterangannya, Sekretaris Daerah Purwakarta Norman Nugraha mengatakan, hari ini Bupati Purwakarta menerima penghargaan sebagai Tokoh Literasi Digital Daerah Tahun 2022.

Norman mengatakan, penghargaan sebagai tokoh literasi digital diberikan kepada kepala daerah yang berkomitmen dan kompeten dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai media dalam menjalankan pemerintahannya.

“Alhamdulillah selamat kepada Ibu Bupati Purwakarta atas segala prestasinya. Semoga dengan penghargaan ini kita bisa terus memberikan pelayanan yang baik dan cepat kepada masyarakat di Kabupaten Purwakarta,” ujar Norman.

Menurutnya, digitalisasi merupakan fenomena yang sedang gencar digalakkan pemerintah saat ini. Selain mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih, digitalisasi juga menawarkan kemudahan dalam mengakses berbagai kepentingan mulai dari kepentingan pribadi hingga institusi besar baik dalam skala lokal maupun internasional.

Pemerintah pusat dan daerah bersinergi memfasilitasi sarana dan prasarana untuk mendorong era digital agar dapat diimplementasikan secara optimal bagi masyarakat.

“Masyarakat juga diarahkan untuk bisa beradaptasi dengan digitalisasi ini guna mempermudah akses administrasi di berbagai sektor. Di Purwakarta, penerapan digitalisasi ini sudah berjalan cukup baik,” tambah Norman.

Manajer KIM terbaik di Jawa Barat

Sebelumnya diketahui bahwa pada acara yang sama pada tahun 2021, melalui Diskominfo, pemerintah di bawah kepemimpinan Bupati Anne Ratna Mustika juga dinobatkan sebagai kelompok pemerintah daerah pengelola Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terbaik di Jawa Barat.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada acara West Java Digital Literacy (Viral) Festival, di Saung Angklung Udjo, Bandung, Selasa, 21 Desember 2021.

“Penghargaan kita berikan kepada mereka yang telah bekerja keras untuk menjadikan Jabar akselerasi dalam kualitas peradaban digital. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada para literat yang telah berjuang untuk berkontribusi dalam memberikan layanan informasi dan literasi digital kepada masyarakat,” ujar Ridwan Kamil.

Kadiskominfo Kabupaten Purwakarta Rudi Hartono mengungkapkan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan lembaga pelayanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada pelayanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

“Kelompok yang dibentuk atas prakarsa masyarakat ini menjalankan aktivitasnya sebagai agen perubahan di masyarakat. Dan salah satu peran kelompok masyarakat ini adalah untuk meminimalisir dan mencegah berita bohong atau hoaks,” kata Rudi.

Oleh karena itu, mengingat pentingnya peran KIM dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus berupaya untuk mengembangkan kelompok masyarakat tersebut.

“Selain melakukan sosialisasi dan peningkatan kapasitas bagi KIM, Diskominfo Purwakarta juga telah mengadakan bimbingan teknis pengembangan dan peningkatan kreativitas jurnalistik dan content creator bagi anggota KIM atau sering disebut Kimers,” pungkas Rudi Hartono.

IKUTI SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.