Tekno  

Bursa Saham Eropa Senin Tutup; PDB Q3 zona euro menjadi perhatian

Foto Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Pasar saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Senin mencerna data inflasi AS terbaru serta peringatan dari pejabat tinggi Federal Reserve.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup naik 0,1%, setelah berjuang untuk melepaskan diri dari garis datar sepanjang sesi. Saham teknologi berakhir 1% lebih tinggi dalam perdagangan hari campuran, sementara saham jasa keuangan dan perjalanan dan rekreasi keduanya turun 1,3%.

Indeks FTSE berakhir naik 0,92%. Indeks DAX ditutup naik 0,62%. Indeks CAC berakhir naik 0,22%.

Pasar global mendapat dorongan minggu lalu dari angka inflasi utama AS, yang menunjukkan harga naik kurang dari yang diharapkan pada bulan Oktober. Investor menyambut baik pembacaan inflasi, memprediksi bahwa Federal Reserve akan segera memperlambat kenaikan suku bunga.

Gubernur Fed Christopher Waller menyarankan pada sebuah konferensi di Sydney pada hari Senin bahwa pasar mungkin telah bereaksi berlebihan terhadap laporan CPI minggu lalu, dan mengatakan pembuat kebijakan masih memiliki “cara untuk pergi” sebelum siklus bullish berakhir.

Indeks DAX Jerman naik untuk sesi ketiga berturut-turut, mencapai level terakhir yang dicapai pada 9 Juni. Itu naik 20% dari level terendah dalam dua tahun yang dicapai pada 29 September.

Pembuat senjata Jerman Rheinmetall adalah salah satu saham Eropa dengan kinerja terbaik pada hari Senin, naik 8,2% pada perdagangan sore, setelah setuju untuk mengambil alih sistem Expal Spanyol.

DAX melihat di antara reli terbesar karena pasar global menyambut tanda-tanda pendinginan inflasi AS minggu lalu, meskipun Federal Reserve AS menunjukkan kenaikan suku bunga lebih lanjut masih akan datang, dan saran kelemahan dalam ekonomi zona euro.

Saham AS dibuka lebih rendah pada hari Senin karena investor beristirahat dari reli pasar minggu lalu.

Dow Jones Industrial Average dibuka tepat di bawah garis datar, sementara S&P 500 turun 0,6% pada transaksi awal. Nasdaq Composite diperdagangkan turun 1,3%.

Saham Rheinmetall naik 7,5% pada sore hari setelah produsen senjata Jerman itu mengumumkan kesepakatan untuk membeli perusahaan bahan peledak dan amunisi Spanyol Expal Systems seharga 1,2 miliar euro ($1,24 miliar).

Di bagian bawah Stoxx 600, perusahaan minyak dan gas Inggris Harbour Energy turun 7,5%.

Analis Vibiz Research Center memperkirakan bahwa untuk perdagangan berikutnya, bursa saham Eropa akan mencermati data Tingkat Pertumbuhan PDB Q3 Zona Eropa, yang jika terealisasi penurunannya akan memberikan tekanan pada pasar saham Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.