Tekno  

Di Forum B20, Anderson Tanoto Jelaskan Peran Swasta dalam Mendukung Ekonomi Berkelanjutan | Tanoto

APRIL menjelaskan perannya dalam ekonomi berkelanjutan

Anderson menjelaskan upaya inovasi unit bisnis RGE Group yaitu APRIL yang fokus pada optimalisasi penggunaan sumber energi terbarukan dalam operasionalnya.

Hal tersebut disampaikan Managing Director Royal Golden Eagle (RGE) Group Anderson Tanoto dalam acara B20 Summit yang digelar sebagai bagian dari KTT G20 di Bali, Minggu (13/11). Berbicara dalam sesi pleno bertajuk “Creating a Sustainable Resilient Economy Through Innovation”, Anderson memaparkan upaya inovasi unit bisnis RGE Group yaitu APRIL yang berfokus pada optimalisasi penggunaan sumber energi terbarukan dalam operasionalnya sebagai upaya pengurangan emisi. .

Saat ini APRIL diketahui sedang membangun solar panel dengan kapasitas 20 MW hingga tahun 2025 yang tujuan utamanya adalah untuk mengurangi penggunaan energi fosil. Dengan pengembangan ini, penggunaan energi terbarukan di APRIL diharapkan mencapai 90% sekaligus mendukung upaya bersama untuk mengurangi emisi karbon.

Baca lebih banyak:
Media Indonesia »

Fadhil Aulia Menjadi Juara Kategori 10K Young Talent di Borobudur Marathon 2022!

Di sektor putra kategori Young Talent 10K, Fadhil Aulia Mufti meraih podium pertama dengan catatan waktu 34 menit 02,457 detik. Baca selengkapnya >>

Pada Forum Investasi B20, Ridwan Kamil Jelaskan Potensi Investasi di Kawasan Rebana |Republika OnlineB20 Investment Forum merupakan salah satu rangkaian B20 Summit Indonesia 2022.

Tentang KTT B20: Jadwal, Peserta, Agenda, dan TujuanKTT B20 Indonesia (KTT B20) atau KTT B20 Indonesia 2022 adalah forum dialog resmi G20 untuk komunitas bisnis global.

Di Forum B20, Airlangga Pamer RI Bakal Punya Ibu Kota BaruMenko Perekonomian Airlangga Hartarto juga memamerkan konstruksi IKN ini dalam forum B20 Summit, Senin (14/11/2022).

Startup Teknologi Indonesia Kebanjiran B20 Forum Berkah, Apa Saja?Startup Teknologi Indonesia Kebanjiran B20 Forum Berkah, Apa Saja?

Batal ke Bali, Elon Musk Hadiri Forum B20 Secara VirtualCEO Tesla dan pemilik Twitter Elon Musk tidak akan secara fisik menghadiri forum B20 di Bali, tetapi akan tetap hadir secara virtual.

B20 Investment Forum Tandatangani 18 MOU Senilai Rp 75 TriliunB20 Indonesia memastikan Presidensi tahun ini dapat berdampak pada peningkatan investasi dalam negeri

Sektor swasta memiliki peran yang sangat signifikan dan berkontribusi secara strategis untuk menurunkan tingkat emisi karbon global melalui solusi berbasis alam. REPUBLIKA. Kompas., serta didukung infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas,” ujar Airlangga.

Hal tersebut disampaikan Managing Director Royal Golden Eagle (RGE) Group Anderson Tanoto dalam acara B20 Summit yang digelar sebagai bagian dari KTT G20 di Bali, Minggu (13/11). Berbicara dalam sesi pleno bertajuk “Creating a Sustainable Resilient Economy Through Innovation”, Anderson memaparkan upaya inovasi unit bisnis RGE Group yaitu APRIL yang berfokus pada optimalisasi penggunaan sumber energi terbarukan dalam operasionalnya sebagai salah satu upaya untuk kurangi emisi.ID,BANDUNG– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu panelis B20 Investment Forum pada Pitch Session 2 dengan agenda “AEROCITY-West Java International Airport, Kertajati – West Java” pada Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, akhir pekan ini. Saat ini APRIL diketahui sedang membangun panel surya berkapasitas 20 MW hingga tahun 2025 yang tujuan utamanya adalah mengurangi penggunaan energi fosil.000 pimpinan negara, CEO, dan seluruh pimpinan bisnis dari berbagai perusahaan multinasional. Dengan perkembangan tersebut, penggunaan energi terbarukan di APRIL diharapkan mencapai 90% sekaligus mendukung upaya bersama menurunkan emisi Baca Juga Ridwan Kamil memaparkan rencana pembangunan 13 kota baru di kawasan Rebana, meliputi 8 kabupaten/kota yaitu Subang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Sumedang, Kota dan Kabupaten Cirebon. Anderson menambahkan, saat ini tren biaya modal (capex) untuk pembangunan panel surya mengalami penurunan sementara harga energi fosil mengalami kenaikan yang signifikan. Pusat penampungan air di IKN merupakan proyek yang saat ini progresnya paling cepat dibanding yang lain karena akan menjadi jiwa ibu kota baru di masa mendatang.

Situasi ini membuat pihaknya membuka opsi untuk meningkatkan kapasitas pembangunan panel surya, menjadi di atas 40 MW hingga 2025 nanti. Menurut Ridwan Kamil, kawasan Rebana paling siap menampung investasi. KTT B20 akan menghadirkan para pemimpin bisnis multinasional sebagai pembicara, termasuk CEO Unilever Alan Jope, CEO Standard Chartered Bill Winters, serta Ketua dan Pendiri Fortescue Future Industries dan Fortescue Metals Group Andrew Forrest. “Intinya kita bisa mengembangkan inovasi dari teknologi yang ada untuk menerapkan sustainability. Ambil solusi yang praktis dan sesuai dengan kondisi saat ini, dan swasta seperti kita di Indonesia bisa terus melakukan perubahan yang signifikan untuk mendukung sustainability,” ujarnya. kata Anderson di panel. Salah satunya di dekat Bandara Kertajati (BIJB),” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil. Dengan upaya tersebut, Anderson menyebut pihaknya mampu menekan total emisi yang dihasilkan dari energi fosil hingga 5%. Tak hanya itu, inovasi APRIL melakukan pendekatan berbasis alam dengan mencanangkan komitmen 1 for 1 pada COP 21 lalu di Paris, yaitu melestarikan atau memulihkan 1 hektar lahan untuk setiap 1 hektar Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dikelola. . “Pak Jokowi akan memberikan bantuan Rp 400 triliun untuk Jabar yang dibagi dua, Rp. 250 triliun untuk wilayah Kertajati dan Rebana, dan Rp. 150 triliun untuk wilayah Jawa Barat Selatan untuk mengembangkan kawasan wisata budidaya perairan,” ujarnya.

Salah satu bentuk nyata dari komitmen tersebut adalah inisiasi Program Restorasi Ekosistem Riau (RER) seluas 150.000 hektar atau seukuran kota London yang terletak di Semenanjung Kampar dan Pulau Padang, Provinsi Riau. “Sekitar 70. Melalui program ini, RER melindungi dan menjaga ekosistem hutan rawa gambut utuh terbesar di Sumatera, termasuk keanekaragaman hayati dan potensi karbonnya. “Peran swasta sangat besar dalam memberikan solusi berbasis alam untuk mendukung target penurunan emisi karbon . Dengan kabar baik ini, BIJB bisa menampung jemaah untuk terbang ke Mekkah, Jeddah hingga Madinah,” ujar Emil. Maksud saya adalah menciptakan inovasi, mengambil teknologi dan framework yang ada.

Jika tidak sempurna, masih lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa," dia berkata. BACA JUGA: Ikut Analisis Berita Analisis Berita Isu Terkini Perspektif Republika. Seperti diketahui, APRIL merupakan produsen serat, pulp dan kertas yang terintegrasi dengan konsesi hutan tanaman industri yang dikelola secara lestari. Salah satu produk unggulan APRIL adalah kertas PaperOne yang telah terjual ke 70 negara. id, Klik Disini. Grup APRIL sendiri dikenal sebagai perusahaan yang aktif dalam upaya mitigasi iklim, khususnya dalam mendukung pemerintah untuk mencapai net sink pada tahun 2030 dari industri kehutanan atau Net Sink FOLU (Forest and Other Land Uses). Di hulu, komitmen ini dilakukan dengan melestarikan kawasan, melindungi keanekaragaman hayati, dan menerapkan kebijakan tanpa toleransi terhadap deforestasi.

Di hilir, Grup APRIL beralih ke penggunaan bahan bakar terbarukan dan berinvestasi dalam teknologi sirkular. Sebagai salah satu produsen produk berbasis bio yang berkelanjutan di dunia, Grup APRIL memiliki visi keberlanjutan APRIL 2030, salah satu targetnya adalah mencapai Iklim Positif, salah satunya menargetkan penggunaan 90% energi terbarukan untuk kebutuhan pabrik, yang saat ini telah mencapai 87% berdasarkan audit terakhir yang dilakukan. APRIL juga bekerja sama dengan KPMG PRI untuk memberikan ‘jaminan’ atas tata kelola pengelolaan lahan dan komitmennya terhadap keberlanjutan. (RO/E-1) .

Leave a Reply

Your email address will not be published.