Tekno  

Duka Aremania, Jak Mania dan Aremania Depok Nyalakan 1.000 Lilin

AKSI: Jakmania Depok bersama Aremania Depok dalam aksi 1.000 lilin untuk korban yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang yang digelar di Markas Jak Mania Depok, Jalan Penamaan D Bothin, RT1/9, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Jumat (07/07). /10). ALDY RAMA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Suporter Persija Jakarta (The Jako) dan Arema Malang (Aremania) yang berdomisili di Kota Depok, menggelar aksi simpatik atas tragedi Stadion Kanjuruhan Malang dengan menggelar doa ghaib, doa bersama dan aksi 1.000 lilin di Markas Jak Mania Depok, Jalan Penamaan D Bothin, RT1/9, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data yang dirilis Polri, Sabtu (8/10) pukul 09.00 WIB, tragedi usai pertandingan Arema Malang VS Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (01/10) menewaskan 131 orang dan melukai 574 orang.

“Sebenarnya ide untuk doa bersama dan aksi 1000 lilin ini adalah ide spontan dari teman-teman Koordinator Wilayah (Korwil) Kota Depok. Termasuk Korwil Depok, Cimanggis, Mekarsari, Cilodong dan Korwil Aremania Depok,” kata salah satu Koordinator Pelaksana Jak Mania Depok, Hilman Yudha kepada Radar DepokMinggu (9/10).

Sebelum aksi 1.000 lilin itu berlangsung, lanjutnya, salat berjamaah dan salat ghaib seusai salat Isya berjamaah juga digelar di Masjid Baiturrohman, Jalan Penamaan D Bothin, Gang Masjid, RW19, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

“Setelah kegiatan di Masjid Baiturrohman selesai, anggota dari Jak Mania dan Aremania Depok diperkirakan kurang lebih 300 orang, berangkat ke Markas Jak Mania Depok, di Jalan Penamaan D Bothin, RT1/9, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas,” ujarnya. dijelaskan.

Yudha mengatakan semua itu dilakukan untuk mengungkapkan empati kepada para korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Karena kita, Jak Mania dan Aremania adalah satu saudara, duka mereka adalah duka kita juga,” kata Yudha.

Ia mengatakan, kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang sangat miris. Apalagi korban yang jatuh bukan satu atau dua orang, melainkan lebih dari 100 nyawa melayang.

“Menurut kami satu nyawa yang hilang begitu pahit dan menyedihkan, jika teman atau kerabat kami menjadi korban kekerasan sepakbola,” kata Yudha.

Yudha berharap kejadian di Stadion Kanjuruhan Malang ini menjadi yang terakhir dan tidak ada korban lagi.

“Dengan adanya kejadian seperti ini, semoga bisa membuka mata suporter sepak bola Indonesia, untuk berdamai secara perlahan,” jelasnya.

Sebagai sesama suporter sepak bola di Indonesia, lanjut Yudha, harus ada rivalitas, tapi rivalitas 90 menit sudah cukup di dalam stadion, di luar stadion, kita tetap saudara sebangsa.

Di lokasi yang sama, Ketua Korwil Aremania Depok, Samanto mengungkapkan, dirinya juga berterima kasih kepada Jak Mania Depok Depok yang telah merawat para korban di Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Semoga kebaikan doa yang diberikan kepada para korban dikabulkan oleh Allah SWT, dan segala amal ibadah para korban diterima,” kata Anto, panggilan akrabnya bagi para korban. Radar Depok.

Terkait tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Anto mengatakan, peristiwa tersebut sangat miris.

“Perasaan tentang apa yang terjadi beragam. Sedih, kesal hingga emosi yang tidak bisa diungkapkan,” jelasnya.

Anto mengatakan, sangat disayangkan sebuah pertandingan yang seharusnya bisa dinikmati bersama mengalami kejadian yang begitu tragis.

“Ke depan, kami berharap Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengikuti aturan standar FIFA. Tidak perlu menggunakan gas air mata, kami juga berharap pertandingan sepak bola bisa kembali bersahabat untuk anak-anak, perempuan dan masyarakat lainnya,” dia menyimpulkan. (ama)

GRAFIS:

Tentang :

  • Gerakan aksi 1000 lilin Jak Mania Depok untuk korban Aremania di Stadion Kanjuruhan, Malang
  • Turut berduka untuk Aremania

Aksi yang diadakan:

  • Markas Besar Jak Mania, Depok, Penamaan Jalan Bothin D, RT1/9, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas

Aksi lainnya:

Data korban saat ini:

Elemen yang terlibat:

  • Jak Mania Korwil Depok
  • Jak Mania Korwil Cimanggis
  • Jak Mania Korwil Mekarsari
  • Jak Mania Korwil Cilodong
  • Aremania Depok

Tujuan tindakan:

  • Mungkapkan empati kepada para korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang

Harapan :

  • PSSI mengikuti aturan standar FIFA
  • Tidak perlu menggunakan gas air mata
  • PPertandingan sepak bola bisa bersahabat lagi untuk anak-anak, wanita dan orang lain

Wartawan : Aldy Rama

Editor : Ricky Juliansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published.