Tekno  

Erick Thohir Pertanyakan 5 Poin Kolaborasi Pemerintah Indonesia dan FIFA: Alternatif Sanksi

KOMPAS.com – Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir mengatakan lima poin kerja sama pemerintah Indonesia dengan FIFA merupakan alternatif sanksi.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia bersama FIFA akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia, yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada Jumat (7/10/2022) malam WIB.

Dalam pidatonya Presiden Jokowi mengatakan bahwa FIFA tidak menjatuhkan sanksi kepada Indonesia menyusul tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi memaparkan lima poin kerja sama FIFA dengan pemerintah untuk transformasi sepak bola Indonesia.

Baca juga: Transformasi Sepak Bola Indonesia: Membangun Standar Keamanan Stadion di Tanah Air

Hal itu ditegaskan Presiden Jokowi usai menerima surat dari FIFA per 5 Oktober 2022 dan menyampaikan isi surat tersebut di Istana Merdeka, Jumat (7/10/2022).

Kelima poin tersebut meliputi soal standar keamanan stadion hingga jadwal pertandingan sepak bola Indonesia.

Terkait lima poin isi surat dari FIFA, Erick Thohir mengatakan FIFA memberikan alternatif sanksi dengan bekerja sama untuk memperbaiki tata kelola sepakbola Indonesia.

“Jika melihat suratnya yang kemarin disiarkan oleh Presiden, jelas FIFA memberikan alternatif selain memberikan sanksi,” kata Erick Thohir saat menjadi narasumber acara KOMPASTV.

“Jadi, FIFA tidak menjatuhkan sanksi di mana ada lima poin yang harus digarap bersama.”

Presiden FIFA Gianni Infantino akan datang ke Indonesia untuk berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo terkait pembentukan tim transformasi sepakbola Indonesia pascatragedi Kanjuruhan, 1 Oktober lalu.AFP/JOHAN ORDONEZ Presiden FIFA Gianni Infantino akan datang ke Indonesia untuk berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo terkait pembentukan tim transformasi sepakbola Indonesia pascatragedi Kanjuruhan, 1 Oktober lalu.

β€œKemudian ada AFC dan PSSI yang akan membentuk transformasi sepak bola Indonesia, dimana FIFA juga akan berkantor di Indonesia pada masa transformasi tersebut,” kata Erick Thohir.

Presiden Jokowi sendiri telah menyampaikan bahwa Presiden FIFA Gianni Infantino akan berkunjung ke Tanah Air dalam dua bulan ke depan.

Berikut adalah lima poin penting yang menjadi fokus kerja Pemerintah Indonesia dengan FIFA dan organisasi terkait seperti AFC:

Baca juga: FIFA Bantu Indonesia, Bawa Protokol Keamanan Sepak Bola Tanah Air Sesuai Standar Internasional

  1. Menetapkan standar keamanan stadion di seluruh stadion di Indonesia;
  2. Merumuskan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional;
  3. Melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub sepak bola di Indonesia termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama;
  4. Menetapkan jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi risiko yang ada; sebaik
  5. Menyajikan bantuan dari para ahli di bidangnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.