Tekno  

Gagal Raih Ballon d’Or 2022, Sadio Mane Raih Socrates Award 2022

Sadio Mane memenangkan penghargaan atas karyanya dalam aksi kemanusiaan.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Sadio Mane berpeluang gagal membawa pulang trofi Ballon d’Or 2022. Meski demikian, penyerang asal Senegal itu tetap mendapat pengakuan dari majalah France Football sebagai penyelenggara Ballon d’Or terkait kiprahnya dalam aksi kemanusiaan.

Dalam upacara Ballon d’Or 2022 yang digelar di Theater du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (17/10/2022) waktu setempat, Mane menerima penghargaan Socrates. Penghargaan ini didedikasikan untuk pesepakbola yang dianggap mampu berkontribusi dan memberikan dampak positif bagi kemanusiaan dan masalah sosial.

Penghargaan ini mengambil nama salah satu ikon timnas Brasil tahun 1980-an, Socrates. Dengan memprakarsai gerakan Demokrasi Korintus untuk menentang pemerintahan militer di Brasil pada 1980-an, Socrates sering dipandang sebagai simbol kepedulian para pemain di lapangan hijau terhadap masalah sosial dan kemanusiaan yang terjadi di luar lapangan.

Tahun ini adalah edisi perdana Hadiah Socrates. Berdasarkan hasil penilaian juri yang terdiri dari perwakilan France Football dan kakak Socrates serta mantan pemain timnas Brasil, Rai, Mane akhirnya terpilih menjadi pemenang penghargaan ini.

“Saya sangat senang bisa menghasilkan sesuatu untuk orang-orang di sekitar saya dan berusaha membuat segalanya menjadi lebih baik,” kata Mane saat menerima penghargaan, Selasa (18/10/2022).

Striker yang memutuskan hengkang dari Liverpool dan Bayern Munich itu sempat mencuri perhatian publik saat memilih menghabiskan liburan musim panas di kampung halamannya, Bambali, Senegal. Saat bintang sepak bola Eropa memilih berlibur ke Ibiza atau Amerika Serikat, Mane justru pulang ke tanah air.

Dengan merogoh kocek pribadinya, penyerang berusia 30 tahun itu juga diketahui telah membantu membangun sejumlah infrastruktur di desa kelahirannya, mulai dari sekolah, puskesmas, hingga layanan internet. Bahkan dengan beasiswa dan bantuan untuk keluarga kurang mampu di Bambali.

Selain itu, Mane juga diketahui telah menyumbangkan sejumlah dana kepada komite kesehatan setempat untuk membantu penanganan penyebaran Covid-19 di Senegal. Kegiatan sosial Mane telah mendapat pengakuan dan apresiasi dari France Football melalui penghargaan Socrates.

Dalam kategori pesepakbola pria terbaik peraih Ballon d’Or 2022, Mane berada di posisi kedua. Eks penyerang Southampton itu harus merelakan trofi Ballon d’Or yang direbut striker Real Madrid, Karim Benzema.

Musim lalu, performa Mane cukup memuaskan. Dari 51 penampilan di semua kompetisi untuk Liverpool, Mane mencetak 23 gol dan lima assist.

Leave a Reply

Your email address will not be published.