Tekno  

Gelar ‘Ayah Cantik’ seharusnya milik kuda laut, bukan Rizky Billar

Jakarta, CNN Indonesia

Judul ayah yang cantik baru-baru ini disematkan pada selebriti Rizky Billar sepertinya lebih cocok untuk diberikan kuda laut. Apakah Anda pernah melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)?

Sebelumnya, acara penghargaan stasiun televisi swasta bernama Rizky Billar sebagai Gorgeous Dad, senasib dengan istrinya Lesty Kejora yang meraih gelar Georgeous Mom, Kamis (29/9).

Sayangnya, momen tersebut kurang tepat mengingat pemberitaan kasus KDRT di Polres Jakarta Selatan.

Rizky kemudian resmi menjadi tersangka dan ditahan polisi. Namun, Lesty dikabarkan ingin mencabut laporan tersebut, Kamis (13/10) malam.

Terlepas dari drama, judul ayah yang cantik merepresentasikan penampilan atau perilaku yang menarik karena berbagai faktor, termasuk cinta keluarga.

Di dunia hewan, sifat seperti itu telah terdeteksi setidaknya pada satu hewan: kuda laut. Dari sisi masalah gender, spesies yang termasuk dalam genus Hippocampus ini bahkan bisa menjadi contoh ekstrim, yakni dengan menggantikan peran istri untuk hamil.

Wah, kok bisa?!

Sebagai ikan, kuda laut tidak memiliki alat kelamin luar yang biasa kita kaitkan untuk mengidentifikasi jantan dan betina meskipun masih dapat dibedakan berdasarkan jenis kelamin.

Dilaporkan dari Percakapan, para peneliti mengklasifikasikan jenis kelamin hewan menurut ukuran gamet (sel kelamin) yang mereka hasilkan. Jantan menghasilkan sperma (gamet terkecil) dan betina menghasilkan telur (gamet terbesar).

Uniknya, kuda laut penghasil sperma ini juga mengalami proses kehamilan yang membuat para peneliti menjulukinya sebagai Tuan Moms (tuan ibu) secara alami.

Dikutip dari Harian Sainsketika kuda laut kawin, betina memasukkan ovipositornya (organ berbentuk pipa untuk bertelur) ke dalam kantung perut jantan (struktur eksternal yang tumbuh di tubuh jantan) dan menyimpan telur yang tidak dibuahi ke dalamnya.

Jantan kemudian melepaskan sperma ke dalam kantong untuk membuahi sel telur. Setelah betina menyimpan telurnya ke jantan, kulit terluar telur rusak, dan jaringan dari jantan tumbuh di sekitar telur di dalam kantong.

Setelah membuahi sel telur, jantan secara ketat mengontrol lingkungan pra-kehamilan embrio di dalam kantongnya, tidak hanya mengeraminya selama 24 hari sampai keturunannya lahir.

Itu ayah yang cantik mempertahankan aliran darah di sekitar embrio, mengontrol konsentrasi garam di dalam kantung, dan memberikan oksigen dan nutrisi kepada keturunan yang sedang berkembang melalui struktur seperti plasenta hingga kelahiran.

“Kehamilan jantan pada beberapa spesies kuda laut dan ikan pipa secara fisiologis jauh lebih kompleks dari itu,” kata Adam Jones, ahli biologi evolusi di Texas A&M University.

“Kantung induk pada kuda laut dan ikan pipa jantan di mana betina bertelur selama kawin adalah sifat baru yang memiliki dampak besar pada biologi spesies karena kemampuan jantan untuk hamil sepenuhnya mengubah dinamika kawin,” katanya.

Laki-laki berkelahi

Meskipun laki-laki umumnya memainkan peran pengasuhan yang dominan, ketika Marlin memeluk Nemo, para peneliti menilai bahwa kehamilan pada laki-laki adalah proses kompleks yang unik.

Jones dan rekan-rekannya kemudian meneliti efek dari kehamilan laki-laki dan peran seks dan pilihan pasangan seksual.

“Kami menggunakan kuda laut dan kerabatnya untuk membahas salah satu bidang penelitian paling menarik dalam biologi evolusi modern: asal usul sifat kompleks,” kata Jones.

Pertama, efek pada ornamen tubuh yang menarik. Pada sebagian besar spesies, katanya, pejantan bersaing untuk mendapatkan betina. Akibatnya, kita biasanya melihat evolusi ciri-ciri seks sekunder pada laki-laki. Misalnya, ekor burung merak atau tanduk rusa.

Namun, pada beberapa spesies pipefish, peran kelaminnya terbalik karena jantan menjadi hamil dan ruang kantung induk terbatas. Akibatnya, perempuan bersaing untuk mendapatkan akses ke laki-laki yang tersedia.

Karakteristik seks sekunder (seperti ornamen berwarna cerah) juga berkembang pada ikan pipa betina, bukan jantan.

Kedua, pengaruhnya terhadap perilaku kompetitif perempuan.

“Wanita menunjukkan perilaku kompetitif yang biasanya merupakan atribut tipe pria, dan pria akhirnya pilih-pilih, yang biasanya merupakan atribut tipe wanita,” kata Jones.

[Gambas:Video CNN]

(lom/lth)


Leave a Reply

Your email address will not be published.