Tekno  

Google menyediakan tujuh beasiswa untuk wanita

Sumber foto: Antara/elshinta.com.

Elshinta.com – Google menyediakan tujuh program dan beasiswa untuk mempromosikan pemberdayaan dan peran perempuan, termasuk di Indonesia.

Dalam siaran pers pada hari Sabtu, Google memiliki tujuh program yang dapat diikuti oleh wanita yang tertarik dengan teknologi digital.

1. Akademi Pendiri Wanita
Program ini merupakan bagian dari Google for Startups untuk para pendiri startup wanita yang berada di tahap Seed to Series A di kawasan Asia Pasifik. Google memberikan panduan selama 12 minggu dari pakar internal dan industri.

Pelatihan yang diberikan antara lain bagaimana mengatasi tantangan saat membangun bisnis hingga pendanaan.

2. Beasiswa Google Generasi
Google menyediakan program untuk mahasiswi yang ingin memasuki bidang ilmu komputer. Raksasa teknologi ini memberikan beasiswa sebesar US$1.000 untuk biaya kuliah, buku, perlengkapan, dan kebutuhan lainnya.

Google telah mengadakan Generation Google Scholarship tahun ini dan akan membuka kembali pendaftaran tahun depan.

3. Sertifikat Karir Google
Program sertifikasi dirancang bagi para profesional untuk mendukung karir mereka. Materi yang tersedia dalam bahasa Indonesia meliputi dukungan TIK dan analisis data.

Google sedang mempersiapkan desain UX dan program manajemen proyek dalam bahasa Indonesia.

4. #ChampionsAndroid
Google Developers Indonesia membuka program #JuaraAndroid hingga 30 Oktober untuk mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang Android, termasuk untuk peserta wanita.

Materi yang diajarkan meliputi pemrograman dasar Android seperti membuat layout, merancang navigasi antar layar dan menghubungkan ke internet.

5. #UbahDigital
Program #BerubahDigital dimulai pada Agustus 2022 dan merupakan kerjasama antara Google dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

Program ini terbuka untuk pengusaha UMKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM. Pelatihan yang diberikan meliputi pemasaran digital dan cara menampilkan bisnis di Google Penelusuran dan Google Maps.

6. Bangkit
Program tahunan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk pekerjaan IT dan berafiliasi dengan Kampus Merdeka.

Pada September, Google mencatat 26 persen dan 2.500 peserta adalah perempuan.

7. Tantangan Dampak untuk Wanita dan Anak Perempuan
Organisasi filantropi Google.org meluncurkan program global yang disebut Impact Challenge pada tahun 2021. Program ini memberikan hibah senilai $25 juta kepada organisasi yang berfokus pada kesejahteraan perempuan dan anak perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.