Tekno  

Gubernur Khofifah Resmikan Pameran Listrik Terbesar di Indonesia – Detik Acara

SURABAYA | PLN Nusantara Power menggelar pameran dan seminar tahunan terbesar di bidang kelistrikan di Indonesia, PJB Connect (PLN NP Jump Beyond Connection) 2022 pada 4-6 Oktober 2022 di East Java Expo. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka acara yang digelar di East Java Expo, Surabaya. PJB Connect akan menghadirkan 100 booth dan puluhan seminar akan mengisi ruang diskusi teknologi kelistrikan untuk kemajuan Indonesia.

Pertunjukan PJB Connect tahun ini merupakan yang ke-7 (tujuh) kali dan diselenggarakan dalam rangka HUT PLN Nusantara Power ke-27 dan dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional ke-77 dengan tujuan kegiatan sebagai sarana silaturahmi dan silaturahmi antar PLN Nusantara Kekuasaan dan sejumlah pemangku kepentingan baik dari dalam maupun luar negeri. Acara ini juga merupakan salah satu upaya PLN Nusantara Power untuk mendukung PLN dalam menghadapi tantangan bisnis ketenagalistrikan yang semakin kompleks.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun menyambut baik acara akbar tahunan ini. Menurutnya, Kota Surabaya bangga menjadi tuan rumah acara tersebut dan secara tidak langsung menjadi bagian dari mendukung percepatan perkembangan energi listrik di Indonesia.

“PJB Connect 2022 sudah menjadi event tahunan dan selalu diadakan di Surabaya. Saya merasa bangga dan berterima kasih kepada PLN Nusantara Power yang secara langsung mendorong pertumbuhan kelistrikan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur yang juga akan menggerakkan roda pertumbuhan ekonomi Jawa Timur,” jelas Khofifah.

Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah menyampaikan pentingnya PJB Connect bagi perkembangan industri ketenagalistrikan. Menurutnya, selama 7 tahun berturut-turut PJB Connect menjadi ajang pertukaran inovasi, diskusi, dan teknologi terkini untuk mendukung pengembangan energi listrik.

“Kehadiran PJB Connect akan membawa sinergi yang baik antara perusahaan listrik, utilitas, akademisi, dan investor menjadi lebih kuat, solid, dan apik. PJB Connect juga menjadi jembatan komunikasi sinergis dan sudah merambah mulai dari proyek dan bisnis skala besar,” jelas Ruly.

Dalam 2 tahun sebelumnya, PJB Connect diadakan secara virtual karena pandemi yang tidak ada habisnya. Sejak terakhir digelar secara offline di kantor pusat PLN Nusantara Power, animo dan minat peserta terus melonjak.

Tahun ini, PJB Connect dapat diadakan secara offline di tempat yang lebih besar. Apalagi, PJB yang saat ini dalam masa transisi bertransformasi menjadi PLN Nusantara Power akan mengelola unit pembangkit hampir dua kali lipat dengan jumlah GWh yang terus meningkat.

Sebagaimana diketahui, kesepakatan pada Konferensi Perubahan Iklim PBB, COP 26, Glasgow 2021 bahwa Indonesia berkomitmen untuk menjaga suhu dari kenaikan 1,5 0 Celcius, dan mempercepat mitigasi krisis iklim dengan meninjau komitmen untuk mengurangi emisi pada tahun 2030 dalam kontribusi yang ditentukan secara nasional atau NDC masing-masing negara. Hal itu dilakukan antara lain dengan pengurangan emisi, melalui pengembangan energi terbarukan, penerapan efisiensi energi, dan konservasi energi, serta penerapan teknologi energi bersih.

Plt. Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Dadan Kusdiana juga menyampaikan arahan dan kebijakan Indonesia di bidang ketenagalistrikan. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM telah merumuskan berbagai upaya untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) di sektor energi Indonesia pada tahun 2060 atau lebih cepat. Hal ini merupakan wujud komitmen Indonesia sebagai bagian dari masyarakat global dalam aksi mitigasi perubahan iklim. Hal inilah yang perlu diketahui dan disepakati bersama, khususnya bagi para pemangku kepentingan di bidang ketenagalistrikan.

“Selama 7 tahun berturut-turut, PJB Connect telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan industri ketenagalistrikan di Indonesia. Melalui berbagai inovasi dan diskusi dalam seminar, saya berharap semua pihak yang terlibat di industri ketenagalistrikan dapat mendorong kebijakan pemerintah Indonesia,” jelas Dadan.

(nugi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.