Tekno  

Hadiah Anies Baswedan untuk Persitara di Akhir Masa Jabatannya: Revitalisasi Stadion Tugu

Bisnis.com, JAKARTA–Anies Baswedan akan merevitalisasi Stadion Tugu di Jakarta Utara selama masa jabatannya yang akan berakhir pada 16 Oktober 2022. Stadion Tugu merupakan markas klub Persitara. Mereka selama ini dikenal sebagai rival Persija.

Revitalisasi Stadion Tugu Jakarta Utara menelan biaya Rp 181 miliar.

Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan kandang klub Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Persitara) Jakarta di Stadion Tugu, Jakarta Utara, Rabu (12/10/2022).

“Mudah-mudahan stadion ini bisa selesai pada November 2023 dengan biaya sekitar 181 miliar rupiah yang pada tahap awal akan dialokasikan sekitar 80 miliar rupiah,” kata Anies, dikutip Kamis (13/10/2022).

Anies mengatakan stadion akan dibangun dengan konsep urban integration. Nantinya kawasan stadion akan terintegrasi dengan lingkungan, serta memberikan nilai tambah bagi kawasan sekitar melalui penyediaan ruang bagi UMKM.

“Public Plaza juga bisa digunakan oleh publik meski sedang tidak ada pertandingan. Oleh karena itu, kami mengusulkan konsep yang nantinya akan terintegrasi dengan lingkungan, dan bermanfaat bagi perekonomian warga sekitar stadion. standar yang ditetapkan FIFA,” kata Anies. .

Tidak hanya itu, beberapa perubahan lainnya antara lain standarisasi ukuran dan material lapangan sesuai standar FIFA, perubahan dari rumput alam menjadi rumput buatan, standarisasi pencahayaan lapangan sesuai standar FIFA/SNI.

Kemudian, ada tambahan kapasitas dari sekitar 2.000 menjadi 4.000 penonton. Kemudian fasilitas, termasuk ruang tim, wasit, dan ruang kesehatan akan sesuai dengan standar FIFA

Diketahui Stadion Tugu Jakarta Utara merupakan fasilitas milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang berdiri sejak 1987. Saat ini stadion memiliki luas 35.000 meter persegi dengan kapasitas 2.000 penonton.

Sementara itu, revitalisasi Stadion Tugu dilatarbelakangi oleh beberapa hal, antara lain usia stadion yang sudah tua, perlunya perbaikan kondisi dan kualitas stadion yang sudah tidak representatif lagi, baik lapangan utama maupun fasilitas penunjang lainnya.

Selain itu, ada permintaan dari Persitara, sebagai salah satu klub besar di DKI Jakarta yang saat ini menggunakan Stadion Tugu sebagai markas mereka untuk pertandingan, latihan, dan pembinaan atlet sepak bola di Jakarta Utara.


Cek berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton video pilihan di bawah ini:


Konten Premium


Leave a Reply

Your email address will not be published.