Tekno  

Hadiah dari Frankfurt (1): Besar, Sibuk, dan Direncanakan

Oleh Ready Susantoeditor dan penulis

Pada akhir 1990-an Frankfurt masih terasa “jauh” dari dunia perbukuan Indonesia. Meski Ikapi dan beberapa penerbit besar rutin mengadakan pameran di sana setiap tahun, baru pada tahun 2015 Indonesia menjadi Tamu Kehormatan di Frankfurt Book Fair. Mewakili Penerbit Pustaka Utama Graffiti sebagai penerbit undangan, rekan penulis Eko Endarmoko hadir pada Pameran Buku Frankfurt ke-48 pada 2-7 Oktober 1996. Berikut catatan perjalanan penulis yang telah dimuat dalam buku tersebut Hadiah dari Frankfurt: Beberapa Kenangan dan Catatan di Dunia Buku (Penerbit Matakamera, 2020).

Kehebatan Pameran Buku Frankfurt ke-48 tahun ini mungkin dilambangkan dengan sosok Gulliver yang menjulang tinggi di atas arena terbuka pameran. Balon raksasa setinggi lebih dari tujuh meter yang menggambarkan karakter fiksi terkenal karya penulis kelahiran Irlandia, Jonathan Swift, berdiri di udara musim gugur yang dingin selama pameran.

Namun kehebatan pameran buku Frankfurt tidak hanya ditunjukkan melalui boneka Gulliver. Pameran yang berlangsung rutin setiap bulan Oktober dan selalu masuk dalam agenda penerbit besar dari seluruh dunia ini memang dalam segala hal bersifat masif. Lihatlah 6 bangsal (aula) Pameran yang digunakan adalah di lantai 1 (Bangsal 8), lantai 2 (Bangsal 3 dan 5), lantai 3 (Bangsal 4 dan 9), dan lantai 4 (Bangsal 6).

Baca Juga: Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska Akan Tampil Live di Pameran Buku Frankfurt 2022

Luas total pameran sekitar 184.000 meter persegi, yang bisa dibandingkan dengan luas 20 lapangan sepak bola. Karena jarak dari pintu depan ke bangsal belakang cukup jauh, maka peserta atau pengunjung yang ingin langsung menuju bangsal tertentu di belakang bisa menggunakan ban berjalan atau naik shuttle bus. (bus antar-jemput) disediakan secara cuma-cuma oleh penyelenggara pameran.

Jumlah peserta pameran kali ini juga melebihi 9.000. Peserta ini meliputi penerbit, distributor, pemberi multimedia, dan stan bersama, yang berasal dari lebih dari 100 negara. Buku Siapa Siapa di Pameran Buku Frankfurt menyebutkan sejumlah 13.200 nama orang yang mewakili 5.400 perusahaan yang telah menghadiri pameran buku Frankfurt kali ini. Lihat juga katalog pameran setebal 1.454 halaman yang mencantumkan semua peserta dalam urutan abjad dan identifikasi, urutan peserta pameran menurut lokasi stan, dan daftar agensi penulis dan pencari bakat.

Para peserta pameran dan pengunjung pameran dikelompokkan menurut minat dan minatnya masing-masing. Para peserta, misalnya, dikelompokkan ke dalam publikasi yang menjadi spesialisasinya. Ada klasifikasi khusus untuk buku seni, fiksi dan nonfiksi, pariwisata, buku iptek, agama, buku anak-anak dan remaja, serta media elektronik. Ada juga pengelompokan khusus untuk penerbit internasional di Lingkungan 8 dan 9. Penerbit undangan dari negara-negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Eropa Timur, di wilayah tersebut Titik Pertemuan Selatan-Utara dan Titik Pertemuan Timur-Barat di Bangsal 9.

Leave a Reply

Your email address will not be published.