Tekno  

Hasil Laporan TGIPF, Liga 1 hingga Liga 3 Tidak Diperbolehkan Sampai Terjadi Perubahan dan Kesiapan

TRIBUNNEWS.COM – Tim Gabungan Pencari Fakta Independen (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan menyerahkan laporan investigasi independen pada Jumat (14/10/2022) siang.

Laporan Tragedi Kanjuruhan TGIPF nantinya akan diberikan dan diproses oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kebijakan olahraga nasional.

Demikian disampaikan Ketua TGIPF, Mahfud MD di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini.

Hasil investigasi tim TGIPF Tragedi Kanjuruhan menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi yang terdapat pada Bab V sebanyak 14 halaman.

Baca juga: Laporan TGIPF: Korban Tragedi Kanjuruhan Akibat Stamping Usai Tembakan Gas Air Mata

Sedikitnya ada sembilan poin secara umum yang menjadi garis besar kesimpulan dan rekomendasi tim TGIPF Tragedi Kanjuruhan, antara lain soal izin penyelenggaraan kompetisi sepak bola Indonesia, mulai dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 pasca Tragedi Kanjuruhan.

TGIPF juga mengisyaratkan adanya perubahan kepengurusan PSSI untuk menghasilkan kepemimpinan yang bertanggung jawab, profesional, dan berintegritas.

Poin keenam dari garis besar di atas berbunyi, “Untuk menjaga kesinambungan kepengurusan PSSI dan menyelamatkan sepak bola nasional, pemangku kepentingan PSSI diminta untuk mempercepat Kongres atau mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menghasilkan kepemimpinan dan manajemen PSSI yang berintegritas, profesional, bertanggung jawab dan bebas dari konflik kepentingan.”

“Pemerintah tidak akan memberikan izin untuk memainkan liga sepak bola profesional di bawah PSSI, yaitu Liga 1, Liga 2, Liga 3, sampai terjadi perubahan dan kesiapan sepakbola Indonesia.”

“Pertandingan sepak bola di luar Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 akan tetap berlangsung dengan tetap memperhatikan ketertiban umum dan koordinasi dengan aparat keamanan.”

Sementara itu, kompetisi sepak bola Indonesia dihentikan setidaknya hingga akhir November.

Menurut laporan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan usai pertemuan dengan perwakilan FIFA dan AFC kemarin, Liga Indonesia rencananya akan digulirkan pada 25-26 November 2022.

“Tentatif, comeback penuh Liga 1, 25-26 November,” menurut laporan Tribunnews pada Kamis (13/10/2022) malam.

Selain rencana jadwal kembali bergulirnya Liga 1, pertemuan tersebut juga menampilkan timeline kinerja PSSI di satgas transformasi sepakbola Indonesia.

Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan, menjelaskan bahwa satgas transformasi lebih banyak membahas tentang rencana kerja dan apa yang akan saya lakukan ke depan untuk memajukan sepakbola Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.