Tekno  

HLN77 Sebagai G20 Ambil Bagian Dalam Transisi Energi

PIKIRAN ORANG – Pada hari Senin, 14 November 2022, sehari sebelum KTT G20 2022 di Bali, Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menyampaikan rencana pelaksanaan Hari Listrik Nasional ke-77 Tahun 2022 (HLN ke-77) dengan tema “Post G20 Summit: Energy Peta Jalan Transisi Untuk Mencapai Net Zero Emission Pada 2060 (KTT Pasca-G20: Peta Jalan Transisi Energi Untuk Mencapai NZE Pada 2060)”.

Acara yang terdiri dari Seminar dan Pameran Industri Ketenagalistrikan ini akan diselenggarakan pada 29-30 November 2022 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Ketua Panitia HLN ke-77, Noesita Indriani mengatakan, pelaksanaan HLN ke-77 pasca KTT G20 diharapkan mampu menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada pemangku kepentingan dan masyarakat luas terkait hasil dan tindak lanjut KTT G20. dengan fokus pada bidang energi khususnya sub bidang ketenagalistrikan.


Acara ini akan dihadiri oleh 300 peserta dari berbagai industri ketenagalistrikan dan lebih dari 30 peneliti dan pakar di bidang energi dan ketenagalistrikan baik nasional maupun internasional yang akan berbagi informasi, pengetahuan dan teknologi terkini dan lebih dari 30 peserta pameran akan menampilkan teknologi terkini terkait Transisi Energi. Diantaranya adalah teknologi Advance VRE, Hidrogen, nuklir, pembangkit listrik fleksibel, dekarbonisasi, teknologi digital, dll.

Wakil Ketua MKI Chairani Rachmatullah yang mewakili Ketua Umum MKI Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan, dengan mengusung Subtema Memanfaatkan Teknologi Fleksibel Dekarbonisasi Untuk Stabilitas Jaringan, peringatan HLN ke-77 dapat menegaskan bahwa 2 pekerjaan rumah Indonesia dalam konteks energi Indonesia transisi menuju NZE 2060, yaitu pengembangan/pemanfaatan Energi Baru, Terbarukan (EBT) dan Energi non-karbon lainnya dan Dekarbonisasi secara masif dari PLTU existing. Peluang dan tantangan tersebut diharapkan dapat tersampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan, baik secara nasional maupun global.


Penyelenggaraan HLN ke-77 oleh MKI ini merupakan kelanjutan dari 10 HLN sebelumnya yang sukses menjadi forum terdepan tingkat internasional bagi para pelaku industri ketenagalistrikan Asia di tingkat nasional dan regional. HLN ke-77 ini juga merupakan HLN pertama yang diselenggarakan secara tatap muka, setelah sebelumnya 2 kali diselenggarakan secara daring akibat pandemi Covid-19.

Ketua MKI juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya HLN ke-77 diantaranya; PLN, Huawei, SSP Group, Pertamina, Adaro Power, Elsewedy, Hitachi Energy, North Sumatra Hydro Energy dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai HLN ke-77 dapat mengunjungi website www.mki-ieps.id.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.