Tekno  

Ideal dijadikan teman untuk aktivitas sehari-hari

Tablet merupakan salah satu perangkat yang banyak digunakan oleh para penggemar gadget untuk menikmati hiburan, seperti menonton film atau video streaming. Bagaimana bisa! Perangkat ini tidak hanya menawarkan portabilitas, tetapi juga memiliki layar yang lebih lebar dari smartphone.

Karena itu, tak sedikit produsen smartphone yang akhirnya terjun meramaikan pasar tablet. Salah satunya Xiaomi. Ya! Xiaomi dalam waktu dekat akan merilis tablet terbarunya di pasar Indonesia. Tablet akan datang memanggil Redmi Pad.

Sekarang! Droidlime pun berkesempatan meninjau langsung perangkat yang hadir dengan tagline “All in One, Pad for Fun”. Ya! Xiaomi memang menempatkan Redmi Pad sebagai tablet yang memberikan kenikmatan tak terbatas, dalam satu perangkat.

LCD 10,61 inci dengan Resolusi 2K

Tablet memang menawarkan layar lebar, tidak terkecuali Redmi Pad. Ya! Bagi Anda yang penasaran dengan ukuran layar Redmi Pad, tablet ini memiliki bentang diagonal 10,61 inci. Panel layar yang digunakan adalah LCD dengan resolusi 2K atau 2000 x 1200 piksel.

Menariknya, Xiaomi mengemas tablet barunya ini dengan layar yang memiliki reference rate 90Hz. Ya! Dukungan refresh rate seperti yang disebutkan tentunya akan membuat kita nyaman saat scrolling untuk melihat sejumlah gambar di layar.

Layar Redmi Pad juga sudah mendukung lebih dari 1 miliar warna dan tingkat kecerahan layar hingga 400 nits. Sementara itu, contrast ratio-nya 1500:1 dan juga memiliki sertifikasi blue light reduction dari TUV Rheinland. Di bagian depan, Xiaomi juga menyematkan kamera 8 MP.

Bergeser ke bagian belakang, Xiaomi menutup panel belakang dengan bahan metal berkualitas tinggi, sehingga konsep desain unibody terasa sangat kuat. Ada pula dukungan kamera belakang 8 MP yang ditempatkan Xiaomi di pojok kiri atas dengan modul persegi panjang.

Ya! Xiaomi mengemas Redmi Pad sedemikian rupa untuk memberikan rasa portabilitas yang tinggi. Ada dua pilihan warna yang ditawarkan Graphite Grey dan Moonlight Silver. Kebetulan yang ada di tangan Droidlime adalah Redmi Pad dengan warna Graphite Grey.

Sekarang! Soal dimensi, Redmi Pad berukuran 250,38 x 157,98 x 7,05 mm. Ya! Bisa dibilang Redmi Pad memiliki bodi yang sangat tipis. Anda tidak perlu khawatir saat membawa tablet ini dalam perjalanan, karena beratnya hanya 445 gram, sehingga dapat Anda masukkan ke dalam tas kerja atau sekolah Anda.

Sedangkan Redmi Pad hadir dengan dukungan empat buah speaker yang diletakkan di sisi rangka atas dan bawah (dipegang secara vertikal). Ada dua di sisi atas bingkai dan dua di sisi bawah bingkai. Tidak main-main, speaker ini sudah mendukung teknologi Dolby Atmos.

Tombol power ditempatkan oleh Xiaomi di sisi atas bingkai, di pojok kanan. Sementara itu, Anda bisa menemukan tombol volume beserta slot microSD dan dua lubang mikrofon di sisi kanan bingkai. Di sisi bawah bingkai, Xiaomi juga menempatkan port USB Type-C untuk pengisian daya.

Dipasok oleh Chipset MediaTek Helio G99

Xiaomi menggarisbawahi Redmi Pad hadir sebagai perangkat yang cocok digunakan oleh para pelajar atau pekerja muda yang menginginkan tablet pertamanya untuk menikmati hiburan dan pengalaman yang selalu menyenangkan sepanjang hari, seperti menonton film streaming atau berselancar di TikTok dan IG Reels.

Tentunya sebagai perangkat yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi para penggunanya, Xiaomi mengemas Redmi Pad dengan dukungan spesifikasi yang handal. Hal ini terutama berkaitan erat dengan performa chipset yang dibenamkan Xiaomi ke dalam Redmi Pad.

Ya! Tablet ini telah dijejali chipset Helio G99 dari MediaTek. Sekadar informasi, ini adalah chipset 6 nm yang memiliki dukungan CPU Octa-core. Tak hanya bertenaga, chipset ini juga diklaim efisien dalam penggunaan catu daya.

Memiliki konfigurasi CPU Octa-core, Helio G99 yang diracik oleh MediaTek ini memiliki arsitektur 2 x Cortex-A76 dengan clock speed 2.2 GHz & 6 x Cortex-A55 dengan clock speed 2.0 GHz. Sedangkan untuk mendongkrak sektor grafis, chipset ini telah terintegrasi dengan GPU Mali-G57 MC2.

Lalu, bagaimana dengan sektor memori? Bagi Anda yang tertarik membeli Redmi Pad, tablet ini hadir dengan dukungan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Menariknya, Xiaomi juga melengkapi Redmi Pad dengan Extended RAM hingga 2 GB.

Teknologi RAM yang digunakan juga lebih modern yaitu LPDDR4x dan untuk penyimpanan internal sudah mengadopsi teknologi UFS 2.2. Artinya, teknologi terbaru di penyimpanan internal membuat proses baca/tulis menjadi cepat.

Ada pula dukungan slot microSD, sehingga pengguna Redmi Pad bisa menyimpan lebih banyak file foto atau video di tablet. Sekarang! Untuk catu daya, ada dukungan baterai 8000 mAh dengan fast charging 18W. Namun, dalam paket penjualannya terdapat kepala charger 22,5W.

Memiliki dukungan spesifikasi tersebut di atas, Redmi Pad sangat nyaman digunakan untuk berselancar di dunia maya, seperti membaca berita gadget terbaru melalui Droidlime.com atau mengakses video pendek yang sedang beredar di TikTok atau IG Reels.

Tentu Anda juga tertarik menggunakan tablet ini untuk bermain game? Droidlime menguji Redmi Pad langsung untuk memainkan game eFootball, Asphalt 9, dan PUBG Mobile. Alhasil, ketiga game tersebut bisa dimainkan dengan lancar alias bebas lag.

Hanya saja, saat bermain PUBG Mobile, pengaturan grafisnya harus puas dengan opsi HD dan frame rate HIGH. Ya! Anda tidak perlu khawatir tentang penggunaan daya. Saat digunakan bermain PUBG Mobile selama 30 menit, baterai hanya terkuras 8%.

Droidlime juga penasaran dengan performa lebih dalam dari tablet “All in One, Pad for Fun” ini. Oleh karena itu, Droidlime menjalankan tiga aplikasi benchmarking, yakni AnTuTu 9, Geekbench 5, dan 3DMark. Anda dapat melihat hasilnya pada tangkapan layar di bawah ini.

Kamera Ganda, 8 MP + 8 MP

Memotret dengan tablet sangat tidak ideal. Karena itu, sejumlah produsen smartphone yang memproduksi tablet tidak terlalu dominan menyematkan banyak teknologi kamera terkini ke dalam perangkat yang mereka kembangkan.

Hal ini juga bisa kita lihat pada Redmi Pad yang dirilis Xiaomi ke pasar Indonesia. Ya! Tablet ini hanya dibekali satu kamera di bagian depan dengan resolusi 8 MP. Mengadopsi lensa ultra lebar, kamera depan ini menawarkan FoV 105 derajat dengan FocusFrame.

Ya! Bukan tanpa alasan Xiaomi menawarkan dukungan kamera depan dengan FoV yang begitu lebar, yakni mencapai 105 derajat. Hal ini jelas berkaitan erat ketika kamera depan selanjutnya digunakan untuk foto selfie secara berkelompok atau untuk menjawab kebutuhan meeting online.

Lalu, bagaimana dengan kamera belakang atau kamera utamanya? Ya! Redmi Pad hanya memiliki satu kamera di bagian belakang, dengan resolusi 8 MP. Xiaomi juga melengkapi kamera utamanya dengan fitur Night Mode untuk kebutuhan memotret di malam hari atau kondisi minim cahaya.

Jika Anda ingin menggunakan Redmi Pad untuk mengambil gambar teks dalam sebuah dokumen, Anda bisa memilih opsi Dokumen di aplikasi Kamera. Sedangkan untuk merekam video, Anda bisa memilih opsi Video dengan resolusi [email protected] atau [email protected]

Xiaomi juga menyertakan fitur Video Pendek. Fitur ini hadir untuk memudahkan Anda merekam video berdurasi 15 detik, yang kemudian bisa dibagikan ke beberapa platform video, seperti YouTube Short, TikTok, atau IG Reels. Video singkat ini juga menyertakan opsi untuk memilih lagu sebagai latar belakang.

Kesimpulan

Mengusung tagline “All in One, Pad for Fun”, tentunya Redmi Pad dapat Anda gunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mengolah dokumen, mengecek email, menjelajah internet, menonton film streaming atau bermain game sepuasnya. waktu.

Tablet ini juga menawarkan layar yang cukup luas, yakni 10,61 inci dengan resolusi 2K. Jadi, menikmati film streaming bisa dilakukan bersama teman atau keluarga. Jika Anda suka bermain game, layar tablet ini juga memiliki refresh rate 90Hz.

Tak perlu khawatir soal dapur pacu dan catu daya! Redmi Pad telah dibekali dengan chipset Helio G99 dari MediaTek yang mampu meraih skor AnTuTu yang tidak mengecewakan. Ada pula dukungan baterai 8000 mAh dan kepala charger 22,5W dalam paket penjualannya.

Tentunya chipset yang disematkan Xiaomi ke dalam tablet ini tidak bekerja sendirian. Xiaomi juga melengkapi Redmi Pad dengan RAM 6GB + Extended RAM 2GB yang dipadukan erat dengan penyimpanan internal 128GB. Ini masih dapat diperluas dengan kartu microSD.

Berukuran 250.38 x 157.98 x 7.05 mm dan berat hanya 445 gram, tablet ini begitu nyaman untuk dimasukkan ke dalam tas kerja atau sekolah Anda. Ada dua pilihan warna yang ditawarkan, Graphite Grey dan Moonlight Silver. Untuk harganya akan diumumkan pada 17 November 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.