Tekno  

Ilmuwan Mengungkap Kemampuan Erling Haaland dari Sisi Sains

Bandung

Erling Haaland saat ini menjadi striker paling disegani di Premier League. Pria yang bermain untuk Manchester City itu produktif mencetak gol dan memecahkan rekor demi rekor.

Pakar psikologi sepakbola dari Norwegian School of Sports Sciences, Profesor Geir Jordet secara ilmiah mengungkap mengapa Haaland begitu efektif sebagai striker.

Ternyata ada hubungannya dengan scanning atau pemindaian. Hasil analisisnya selama 25 tahun telah membuktikan bahwa ada hubungan antara pemindaian dan kinerja pemain.



Dikutip dari detiksport, Pemindaian pada dasarnya adalah metode yang digunakan pemain untuk mengumpulkan informasi di lapangan, mengalihkan pandangan dari bola. Scanning atau pemindaian dapat membantu pemain untuk menentukan sikap mereka saat mendapatkan bola. Prof Jordet mengatakan pemindaian bisa dipelajari.

Nah, yang menarik, Haaland dinyatakan sebagai striker terbaik di dunia dalam scanning. Dia melakukannya lebih sering, memindai 0,35 hingga 0,50 kali per detik daripada pemain menyerang Liga Premier lainnya yang rata-rata hanya 0,28 kali per detik — dan dengan kualitas yang lebih baik daripada siapa pun di divisi ini.

“Ketika kita melihat Erling Haaland, Anda melihat seorang pemain dengan frekuensi pemindaian yang tinggi. Dia cukup sering memindai, terutama dibandingkan dengan pemain posisi depan lainnya,” kata Prof Jordet, mengutip iNews UK.

“Kami melihat dia mendapatkan banyak manfaat dari pemindaian yang dia lakukan. Dia melakukannya dengan cara yang benar, pada waktu yang tepat dan sangat logis bahwa dia memanfaatkannya,” kata Jordet menambahkan.

Pujian lain untuk pria jangkung 194cm ini adalah dia memiliki kognisi untuk terus bekerja, bahkan ketika dia tidak menguasai bola. Meski tidak menyentuh bola, ia terus disibukkan dengan berbagai strategi seperti kemana ia harus bergerak untuk meningkatkan peluang mencetak golnya.

“Erling Haaland tidak begitu fokus untuk terlibat dengan bola sebanyak mungkin. Dia fokus untuk terlibat dengan bola pada waktu yang tepat untuknya, yang berarti ketika bola berada di tengah lapangan atau di salah satu sisi lapangan. tepi dia tidak akan pergi ke sana karena dia lebih suka berada di tanah. di depan gawang. ketika bola sampai di sana. Pemindaian secara harfiah berarti dia terus bekerja, meskipun kita tidak melihatnya,” katanya.

Artikel ini telah tayang di detikSport dengan judul Senjata Rahasia Erling Haaland Diungkap oleh Ilmuwan

(yum/yum)

Leave a Reply

Your email address will not be published.