Tekno  

Indonesia Hancurkan Stadion Sepak Bola, 133 Tewas Dalam Kecelakaan Lalu Lintas SportsBrief.com

Gianni Infantino telah berjanji untuk membantu pemerintah Indonesia “mereformasi dan mengubah” sepakbola di negara ini. Foto: ADEK BERRY / AFP
Sumber: Agence France-Presse

Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pada hari Selasa bahwa stadion sepak bola Indonesia yang menewaskan 133 orang dalam penyerbuan akan dihancurkan dan dibangun kembali, karena kepala FIFA berjanji untuk membantu “mereformasi dan mengubah” olahraga negara.

Gianni Infantino bertemu Widodo di ibu kota, Jakarta, hanya dua minggu setelah tragedi itu, dan setahun sebelum Piala Dunia U-20 dijadwalkan berlangsung di negara Asia Tenggara itu.

Lebih dari 40 anak termasuk di antara mereka yang tewas di Malang, Jawa Timur, pada 1 Oktober, dalam apa yang digambarkan Infantino sebagai “salah satu hari tergelap sepak bola”.

Setelah fans menyerbu lapangan pada akhir pertandingan liga antara FC Arima dan rival Persibaya Surabaya, polisi menembakkan gas air mata ke tribun penonton, memicu keributan.

“Kami akan membongkar Stadion Kanjuruhan Malang dan membangunnya kembali sesuai standar FIFA,” kata Widodo kepada wartawan.

Baca juga

Presiden FIFA bersumpah untuk ‘mengubah’ sepak bola Indonesia setelah tragedi

Dia mengatakan stadion pengganti akan memiliki “fasilitas yang sesuai yang dapat menjamin keamanan pemain dan penggemar”.

Fitur menarik: Periksa berita yang tepat untukmu ️ Temukan blok “Direkomendasikan untuk Anda” dan nikmatilah!

“Kita akan mereformasi dan mengubah sepak bola di negeri ini,” tambah Infantino yang mendampingi Jokowi.

Pernyataannya muncul ketika pejabat rumah sakit mengatakan seorang pria berusia 33 tahun meninggal karena luka-luka yang dideritanya karena terinjak-injak, sehingga jumlah kematian yang dikonfirmasi menjadi 133.

“Yang bisa saya jamin untuk semua orang Indonesia: FIFA ada di sini bersama Anda, FIFA di sini untuk tinggal, FIFA di sini untuk bekerja dalam kemitraan yang sangat erat dengan pemerintah, dengan Konfederasi Sepak Bola Asia dan dengan Federasi Indonesia,” kata Infantino.

Dia menambahkan bahwa fokus utama adalah pada peningkatan operasi stadion dan perilaku penggemar, serta menyiapkan program sepak bola di sekolah.

“Kami akan membawa ahli kami, kami akan membantu, berinvestasi dan kami akan memastikan Indonesia bersinar di panggung sepakbola dunia.”

Baca juga

Kepala sepak bola Prancis menjanjikan cek setelah mengungkapkan kondisi kerja di Qatar

Widodo mengatakan dia setuju dengan FIFA tentang “transformasi komprehensif sepak bola Indonesia untuk memastikan bahwa semua aspek pertandingan mengikuti standar keamanan internasional.”

Ulasan keamanan

Para pejabat mengatakan gerbang Stadion Kanjuruhan berkapasitas 42.000 kursi, yang dibuka pada tahun 2004, cukup besar untuk menampung hanya dua orang sekaligus, dan beberapa tidak terbuka saat bencana melanda.

Infantino mengatakan FIFA akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk memastikan Piala Dunia U-20 berlangsung dengan aman.

Youth Championship dijadwalkan berlangsung dari Mei hingga Juni 2023, di beberapa kota di seluruh nusantara.

Tiga petugas polisi termasuk di antara enam orang yang didakwa atas tragedi itu.

Gugus tugas investigasi meminta kepala asosiasi sepak bola negara itu dan semua anggota komite eksekutifnya untuk mengundurkan diri.

Ditemukan juga bahwa lebih dari tiga jam rekaman CCTV di lobi utama dan area parkir stadion telah menghilang.

Baca juga

Howe mengatakan Newcastle bisa menjadi raksasa global seperti Man United

Perwakilan dari FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia telah berada di Jakarta sejak pekan lalu untuk menyelidiki apa yang terjadi, bersama dengan federasi nasional dan pemerintah.

Widodo telah menangguhkan semua pertandingan sepak bola hingga penyelidikan selesai dan telah memerintahkan peninjauan keamanan semua stadion.

Sumber: Agence France-Presse

Leave a Reply

Your email address will not be published.