Tekno  

Ini 4 Peran yang Harus Dimiliki Siswa dalam Menghadapi Bonus Demografi

Jakarta

Bonus demografi seringkali dipandang sebagai solusi untuk mendongkrak perekonomian Indonesia. Puncak bonus demografi diperkirakan terjadi pada 2030.

Dikutip dari arsip detikNews, meski banyak dampak positif dari bonus demografi, masyarakat tetap perlu menyikapinya dengan tepat. Sebab, masa keemasan ekonomi pada masa bonus demografi merupakan sesuatu yang tidak pasti.

Dalam hal ini, bonus demografi sebenarnya hanya memberikan jendela peluang. Peluang akan berguna jika digunakan dengan benar.

Jumlah Penduduk Usia Kerja Diprediksi Meningkat Pesat

Dalam situs resmi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), menurut data BPS per tahun 2020, jumlah penduduk usia produktif sebanyak 140 juta jiwa dari total 270,20 juta jiwa penduduk di Indonesia. Indonesia.

Sehingga pada tahun 2030, jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat pesat. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mempersiapkan bonus demografi ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa harus mengambil peran dalam menyikapi bonus demografi ini. Sehingga peluang emas Indonesia untuk bangkit menuju negara maju dapat dimanfaatkan dengan baik.

Bagaimana peran mahasiswa dalam menghadapi bonus demografi? Dikutip dari unggahan resmi Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Jumat (14/10/2022), berikut pembahasannya.

Peran Mahasiswa Menghadapi Bonus Demografi 2030 Berikutnya

1. Memiliki Keahlian sesuai Kebutuhan Industri

Peran pertama yang harus dimiliki mahasiswa adalah keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri. Seiring berjalannya waktu, persaingan antar pencari kerja semakin ketat.

Kemampuan mahasiswa dapat diasah melalui pelatihan, kursus atau mengikuti program magang di berbagai industri.

2. Menguasai Teknologi Terbaru

Penguasaan teknologi juga merupakan peran yang harus diambil oleh siswa. Hal ini karena digitalisasi dan transformasi digital terus berlanjut, terutama dalam proses produksi dan bisnis.

Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan mampu menciptakan teknologi dan menggunakannya dalam bisnis atau industri agar memiliki daya saing yang lebih baik.

3. Pahami Potensi Anda

Dengan memahami potensi yang dimiliki, siswa di masa depan dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Selain itu, mahasiswa juga dapat optimis dalam menghadapi masa depan dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

4. Menjadi Pengusaha

Di usia produktifnya, mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi pencari kerja, tetapi juga memiliki usaha yang menciptakan lapangan kerja dan mampu bersaing secara global.

Nah, itulah peran mahasiswa dalam menghadapi bonus demografi. Apakah Anda siap menghadapi fenomena ini?

Tonton video”Demo Bikin Kaget, Siswa: Kami Dipukuli dan Diancam
[Gambas:Video 20detik]
(sahabat/sahabat)

Leave a Reply

Your email address will not be published.