Tekno  

Ini Negara Tujuan Ekspor Xmax Made In Indonesia

Jakarta

Indonesia dikenal sebagai basis produksi dari Yamaha Xmax. Motor bongsor rakitan lokal ini juga diekspor ke berbagai.

Xmax Connected menjadi varian teratas skutik bongsor dari keluarga Maxi ini. Model terbarunya meluncur di arena Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022.

Indonesia masih memproduksi Yamaha Xmax untuk semua negara. Jadi, Yamaha Xmax yang dijual di negara mana pun diproduksi di Indonesia.

“Iya tentu (ekspor) ke banyak negara, Eropa, Amerika, Jepang dan seterusnya,” kata Dyonisius Beti, Executive Vice President & COO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Rabu (2/11/2022).

Yamaha melakukan seremoni ekspor Xmax pada 2017 silam. Xmax di Indonesia mengadopsi emisi Euro3, sementara untuk pasar ekspor seperti Eropa sudah menerapkan standar Euro4.

Di benua biru, Yamaha mulai menjual Xmax 300 pada Maret 2023 mendatang. Sedangkan Xmax 300 Tech Max yang lebih ‘istimewa’, mulai bisa dibeli pada Mei 2023 di pasar Eropa.

Perlu diingat bahwa Yamaha Xmax 300 merupakan basis motor yang sama dengan Xmax 250 yang populer di pasar Indonesia.

Sedangkan di Indonesia sudah bisa dipesan mulai hari ini secara online. Dyon yang dijanjikan pesanan dilakukan sekarang, motor sudah terparkir di garasi rumah bulan depan.

“Konsumen pesan sekarang akan dapat motornya di Desember,” ujar dia.

Pembaruan Xmax di Indonesia

Perubahan utama pada desain Xmax Connected terdapat pada bagian lampu depan berkarakter ‘X’ yang kini terlihat lebih ikonik, modern dan juga sporty. Selain dari segi tampilannya yang terbaru, seluruh sistem pencahayaan pada generasi Xmax juga ditingkatkan dengan mengadopsi teknologi LED termasuk pada bagian lampu hazard-nya.

Seperti keluarga Maxi lainnya, Xmax Connected dibekali fitur aplikasi Y-Connect. Dengan adanya teknologi ini, pengguna dapat memperolah informasi terkait rekomendasi perawatan motor, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfucngsi, notifikasi pesan dan telfon masuk, peringkat berkendara terkait jarak tempuh (mileage) dan konsumsi bensin (eco point), riding log atau histori perjalanan serta Revs Dashboard.

Selain fitur Y-Connect, Xmax juga dilengkapi sistem TFT Infotainment Display yang memberikan beragam informasi dan hiburan seperti cuaca, kondisi sepeda motor, notifikasi telepon dan pesan dengan tampilan yang lebih lengkap serta kontrol untuk memainkan musik pengendara favorit.

Tidak hanya itu, generasi terbaru Xmax kini juga dilengkapi Navigation System yang memudahkan pengendaranya menjelajahi tempat-tempat baru. Fitur satu ini dapat bekerja dengan bantuan aplikasi Garmin Street Cross yang ditampilkan melalui TFT Infotainment Display.

Yamaha XMAX Connected diluncurkan pada pameran IMOS 2022 di JCC, Jakarta.  Skutik premium ini dipasarkan seharga Rp 66 juta OTR Jakarta.Tampilan layar MID Xmax. Foto: A.Prasetia/detikcom

Urusan sektor jantung pacu, Xmax Connected mengandalkan mesin Blue Core berkapasitas 250 cc yang dilengkapi dengan Liquid Cooled, SOHC, 4 Valves. Di atas kertas mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 16,8kW / 7.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 24,3 Nm / 5.500 rpm. Untuk mendukung daya jelajah yang tinggi, Xmax ini turut dilengkapi dengan kapasitas tangki bensin yang besar mencapai 13 liter.

Berbagai fitur keselamatan juga dibenamkan pada Xmax Connected, mulai dari fitur Traction Control System (TCS) yang mampu meminimalkan terjadinya larangan kehilangan traksi ketika sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, hingga sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah roda terkunci ketika pengendara melakukan pengereman secara tepat (hard braking).

XMAX Connected hadir dalam 4 varian warna, yaitu Dark Petrol, Luxury Red, Premium Black dan juga Prestige Grey. Skutik premium ini di pasarkan dengan harga Rp 66 juta OTR Jakarta.

Simak Videonya”Yamaha Resmi Luncurkan Xmax Connected di IMOS 2022
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Leave a Reply

Your email address will not be published.