Tekno  

ISACA dan ORACLE serta Alumni Visit Menyediakan Mahasiswa FTI

TRIBUNJATENG.COM – Audit Teknologi Informasi (TI) adalah salah satu profesi yang tumbuh paling cepat, dengan perkiraan pertumbuhan 20 hingga 30 persen pada 2008-2018.

Faktanya, menurut Cable News Network (CNN) Money, organisasi mencari auditor TI profesional untuk dapat menilai dan merekomendasikan cara mengurangi dampak risiko teknologi saat ini.

Para narasumber memaparkan materi dalam Kuliah Umum
Para narasumber memaparkan materi dalam Kuliah Umum “Bagaimana Menjadi Database Administrator dan Business Analyst” dan Workshop “Troubleshooting Oracle Database” yang digelar FTI dan Oracle serta Alumni Visit UKSW. (IST)

Hal tersebut melatarbelakangi diadakannya talkshow bertajuk “Jalan Awal Sebagai Auditor IT” untuk Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Acara ini terselenggara berkat kerja sama UKSW dan Information Systems Audit and Control Association (ISACA) Indonesia Chapter belum lama ini.

Disampaikan oleh Dosen SI sekaligus Faculty Advisor ISACA Student Group Agustinus Fritz Wijaya, S.Kom., M.Cs., kegiatan ini digelar sebagai penyegaran dan memberikan motivasi kepada mahasiswa terkait profil lulusan sebagai Auditor SI dan TI serta Bisnis Analis.

Selain diikuti oleh mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen FTI.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa lebih termotivasi dan semangat dalam memperdalam ilmu khususnya pada mata kuliah yang mendukung profil lulusan Prodi,” ujarnya.

Manfaatkan Kuliah dan Perluas Jaringan

Pada kesempatan tersebut hadir pembicara President of ISACA Indonesia Chapter Syahraki Syahrir, SE, AK., MM, CISA., CISM., CDPSE., GRCP., GRCA, dan Senior IT Auditor Irfan Akbar, CISA., CISM., CISSP ., CEH., ITILV3., TOGAF 9. Dalam pemaparan materi yang disampaikannya, kebutuhan permintaan audit TI datang dari berbagai ancaman antara lain pelanggaran data dan ancaman keamanan informasi.

Menurut sumber tersebut, beberapa teknologi yang paling populer untuk dipelajari oleh Auditor TI antara lain Predictive Analytics, Artificial Intelligence, Blockchain, Machine Learning, dan Robotic Process Automation.

“Mahasiswa dapat memanfaatkan perkuliahan di mata kuliah auditing untuk mempelajari auditing lebih dalam.

Selain itu aktif di berbagai komunitas dan memperluas jaringan juga bisa mendatangkan keuntungan karena seorang auditor akan banyak bekerja dalam tim saat melakukan audit,” pesan Syahraki kepada mahasiswa.

Selain kegiatan talkshow, bersamaan dengan Oracle dan Kunjungan Alumni, FTI juga menggelar Kuliah Umum “Bagaimana Menjadi Database Administrator dan Business Analyst” dan Workshop “Troubleshooting Oracle Database”.

Dihadiri oleh Oracle DBA Expert Hanson Hutabarat dan Business System Analyst PT. Astra Sedaya Finance (ACC) Rahayu Prihantini, penggunaan database Oracle dari tingkat basic hingga advance dibahas oleh Rahayu dalam seminar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.