Tekno  

Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ini Profil Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita

Harianjogja.com, JAKARTA – Berikut profil Akhmad Hadian Lukita (AHL), Direktur Utama PT LIB yang merupakan satu dari enam tersangka dalam Tragedi Kanjuruhan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan enam tersangka tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang, Kamis (6/10/2022). Salah satu tersangka berinisial AHL yang menjabat sebagai Direktur Utama PT LIB, penyelenggara Liga 1 2022-2023.

Listyo menjelaskan, PT LIB melakukan beberapa pembiaran yang memicu terjadinya tragedi Kanjuruhan usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya,

DIPROMOSI:

Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Harap IKM Naik Kelas

Awalnya, panitia penyelenggara (Panpel) Arema FC meminta agar pertandingan melawan Persebaya dilaksanakan pada sore hari pukul 15.30 WIB setelah berkoordinasi dengan Polres Malang. Namun PT LIB menolak permintaan dari panitia Arema FC dan tetap menggelar pertandingan malam pukul 20.00 WIB.

“Permohonan tersebut ditolak oleh PT LIB dengan alasan jika waktunya digeser tentunya akan ada pertimbangan terkait isu siaran langsung yang berdampak pada dampak yang bisa berujung pada sanksi atau ganti rugi,” kata Listyo Sigit Prabowo.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Ini 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut PT LIB dan Arema Panpel Masuk

Selain itu, PT LIB juga melakukan kelalaian terkait verifikasi stadion. PT LIB selaku penyelenggara kompetisi tidak melakukan verifikasi Stadion Kanjuruhan sebelum bergulirnya Liga 1 2022-2023.

Verifikasi stadion, jelas Listyo, terakhir dilakukan oleh PT LIB pada tahun 2020. Dalam verifikasi tersebut, terdapat beberapa rekor untuk Stadion Kanjuruhan, namun sejauh ini belum ada perbaikan besar terkait keselamatan penonton.

Berikut profil Akhmad Hadian Lukita, Direktur Utama PT LIB:

Akhmad Hadian Lukita diangkat sebagai Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggantikan Cucu Somantri pada RUPS Luar Biasa yang berlangsung secara virtual pada 13 Juni 2020. Akhmad mendapat suara terbanyak dari beberapa calon yang sebelumnya diseleksi PSSI.

Akhmad Hadian Lukita adalah pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, Maret 1965. Sebelum terjun ke dunia sepak bola, Hadian adalah Presiden Indonesian Formula One Society (IFOS), yang merupakan komunitas Formula One. kekasih pada tahun 1999.

Selain itu, Hadian juga dikenal memiliki pengalaman di beberapa bidang, antara lain sebagai Konsultan IT, Telekomunikasi, Manajemen, Pengembangan Bisnis, Arsitektur Perusahaan, dan Energi.

Periksa Berita dan Artikel lainnya di Google Berita

Sumber: JIBI/Bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.