Tekno  

Jadilah yang pertama di klub Indonesia, ini adalah rangkaian kecanggihan bus baru Persija Jakarta

Jakarta

Persija Jakarta resmi merilis kendaraan operasional terbarunya. Klub sepak bola kebanggaan warga ibu kota Jakarta ini meluncurkan bus baru yang memiliki sederet teknologi canggih, bahkan bisa dikatakan yang pertama di klub sepak bola Liga Indonesia. Seperti apa detailnya?

Sekadar informasi, bus baru yang akan digunakan untuk staf kepelatihan dan pemain Persija ini dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OH 1626 dengan kapasitas mesin 6.374 cc yang mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 260 hp pada 2.200 rpm, dan dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis (AT).

Bus baru Persija JakartaBus baru Persija Jakarta Foto: Dok. Persija Jakarta

Bus ini juga mengusung sasis jenis space frame, yang artinya bagian bawah bagasinya tembus pandang, baik dari sisi kanan maupun kiri. Tinggi bagasi ini sekitar 1.300 mm (1,3 m), sehingga sangat andal untuk membawa berbagai perlengkapan sepak bola.

Nah, dari segi bodi, menggunakan bodi dari New Armada Magelang dengan tipe bodi Skylander R22. Eksterior didominasi warna oranye khas klub Persija, disertai logo klub, dan gambar harimau di bodi belakang.

Bus baru Persija JakartaBus baru Persija Jakarta Foto: Dok. Persija Jakarta

The New Armada menjelaskan dalam sebuah video di akun YouTube Persija Jakarta, bus ini menggunakan kaca depan kaca ganda, dengan ikat kepala atau sekat yang memiliki posisi lebih rendah, sehingga tidak mengganggu jarak pandang dan kenyamanan penumpang di dalam kabin.

Bus ini juga memiliki sejumlah teknologi canggih, seperti mirror cam atau kaca spion yang menggunakan sistem kamera digital. Dengan teknologi ini, desain bus menjadi lebih minimalis dan ringkas, karena tidak ada lagi kaca spion konvensional yang menjulang ke depan.

“Kelebihan lainnya adalah di bagian belakang (bus) ada videotron yang berguna untuk memberikan promosi. Yang kedua sebagai informasi kepada pengemudi di belakang, jika ingin balapan (atau menyalip) bus ini, pengemudi bisa memberi sinyal dengan kamera yang di depan (yang kemudian ditampilkan di videotron), jadi lebih aman,” kata perwakilan Armada Baru, Rahmatullah.

Bus ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dan fitur, seperti toilet dan AVOD (Audio Video On Demand) di setiap kursi yang berguna untuk menghibur penumpang sepanjang perjalanan. Kursi juga dilengkapi dengan sandaran tangan dan sandaran kaki.

Persija menjadi klub sepak bola pertama di Indonesia yang memiliki bus berbodi Skylander R22 ini. Sedangkan dari segmen bus umum, PO Pandawa 87 adalah yang pertama memiliki bus ini.

Tonton video”Canggih dan Mewah! Ini adalah Bus Tingkat Tinggi Armada Baru Skylander R22
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.