Tekno  

Jokowi Optimis Piala Dunia U-20 di Indonesia berjalan lancar sesuai standar FIFA

Pemerintah Indonesia dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah sepakat untuk memastikan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2023 berjalan dengan baik.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo usai bertemu dengan Presiden FIFA Giovani Vicenzo (Gianni) Infantino, siang ini, Selasa (18/10/2022), di Istana Merdeka, Jakarta.

“Pemerintah dan FIFA juga telah sepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U-20 di Indonesia berjalan dengan baik. Semua aspek persiapan hingga pelaksanaan harus dipastikan berjalan sesuai standar FIFA dan ditangani dengan baik dan profesional,” kata Jokowi.

Di tempat yang sama, Gianni Infantino menyebut Piala Dunia U-20 FIFA merupakan kompetisi terpenting dalam sepak bola putra setelah Piala Dunia yang akan digelar di Qatar mulai 20 November 2022.

Oleh karena itu, kita membutuhkan stadion terbaik agar pertandingan bisa berjalan dengan baik. Sehingga bisa menjadi kesempatan untuk menunjukkan citra Indonesia kepada dunia.

“Citra Indonesia di mata dunia bukanlah negara yang memiliki tragedi di stadion. Tetapi negara yang memiliki visi ke depan, memiliki populasi muda yang mencintai sepakbola, dan negara yang ingin merayakan dan mempersembahkan sepakbola kepada dunia,” kata presiden FIFA.

Lebih lanjut, Infantino menilai Indonesia adalah negara sepak bola, karena penduduk yang mencintai sepak bola sangat besar, mencapai 300 juta orang.

Agar tidak ada lagi tragedi seperti yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, FIFA dan Pemerintah Indonesia sepakat untuk bekerja sama dan fokus membenahi beberapa hal, termasuk operasional stadion.

“Kami sepakat untuk bekerja sama untuk fokus pada pengoperasian stadion yang ada. Kemudian juga kepada suporter, perilaku suporter, membuat proyek sepak bola untuk sekolah, kami akan mengaturnya bersama dengan pemerintah Indonesia. Kemudian, tentang stadion. infrastruktur yang perlu diperhatikan, karena tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan juga terkait dengan infrastruktur. Kami akan mendatangkan pakar sepakbola untuk membantu memastikan Indonesia bersinar di kancah sepakbola lokal,” tambah Presiden FIFA.

Infantino menambahkan, Piala Dunia U-20 di Indonesia akan menjadi kesempatan untuk mempromosikan Indonesia ke depan.

Presiden FIFA juga ingin memastikan bahwa Indonesia tidak hanya kuat dari segi ekonomi, tetapi juga dari segi sepak bola.

“Mulai dari sekarang hingga turnamen, hingga setelah Piala Dunia, kami akan memastikan bahwa Indonesia bukan hanya negara yang kuat dari segi ekonomi dengan mengadakan pertemuan G20. Tapi, juga merupakan pusat sepakbola di kawasan ini, dan terus berkembang,” ujarnya. (singkirkan/ipg)

Leave a Reply

Your email address will not be published.