Tekno  

Kedatangan FIFA merupakan langkah positif untuk memajukan sepak bola Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Pengamat olahraga dan sepak bola Gita Suwondo menilai kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino ke Indonesia terkait tragedi Stadion Kanjuruhan merupakan langkah positif untuk memajukan sepak bola Indonesia.

“Langkah pemerintah melalui lobi Erick Tohir untuk bekerja sama dengan FIFA ke Indonesia dalam melakukan reformasi total sepak bola nasional sangat tepat,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Diharapkan dengan kedatangan Gianni ke Indonesia, kejadian di Stadion Kanjuruhan tidak akan terulang lagi, harapnya.

Kejadian di Stadion Kanjuruhan menjadi pelajaran penting bagi semua pihak. Tidak hanya untuk polisi, tetapi juga untuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), PT Liga Indonesia Baru, klub sepak bola, pendukung dan pemangku kepentingan sepak bola lainnya.

Menurutnya, upaya atau lobi Erick Thohir kepada Gianni Infantino itu juga untuk menyelamatkan Indonesia agar tidak bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2023.

“Lobi ini untuk menyelamatkan sepak bola nasional. Karena Indonesia memiliki banyak talenta muda yang berpotensi besar untuk mengharumkan nama bangsa dan negara,” ujarnya.

Sebelum FIFA datang ke Indonesia, Tim Gabungan Pencari Fakta Independen (TGIPF) sudah membuat dan menyampaikan rekomendasi perbaikan sepak bola Indonesia kepada Presiden Jokowi.

Salah satu rekomendasi yang dikeluarkan TGIPF adalah menuntut PSSI bertanggung jawab atas hilangnya nyawa di Stadion Kanjuruhan. Rekomendasi yang diberikan dinilai baik. Namun, untuk melaksanakan rekomendasi tersebut, dia menilai tidak akan mudah.

Baca juga: Presiden Jokowi Ungkap Alasan PSSI Absen Sambut Presiden FIFA di Istana

Baca juga: Presiden Joko Widodo Sambut Presiden FIFA di Istana Merdeka

Pasalnya, PSSI terikat dengan statuta FIFA yang melarang campur tangan pemerintah dalam sepak bola di suatu negara. Jika PSSI mengadu ke FIFA tentang intervensi pemerintah, maka Indonesia akan dikenakan sanksi oleh FIFA.

“Kalau ada pergantian kepengurusan PSSI, harus dilakukan di KLB,” ujarnya.

Terakhir, dia meminta pemerintah melaksanakan semua rekomendasi FIFA. Salah satu rekomendasinya adalah membuat stadion sepak bola yang menyediakan satu kursi untuk satu penonton.

“Tujuannya untuk menjaga keamanan agar tidak terjadi overcrowding,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.