Tekno  

Kemenkominfo Selenggarakan Literasi Digital Bidang Pemerintahan di ASN Kemenkes

JAKARTA, investor.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersinergi menyelenggarakan kegiatan literasi digital di bidang pemerintahan bagi Aparatur Sipil Negara ( ASN) Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes).

Baca juga: Kemenkominfo Perkenalkan Literasi Digital kepada Siswa SMK di Provinsi Bengkulu

Kegiatan yang dilaksanakan pada 10 dan 14 Oktober 2022 ini diikuti oleh ASN dari Kementerian Kesehatan RI sebagai peserta literasi digital di sektor pemerintahan. Kegiatan literasi digital di sektor pemerintahan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kognitif dan praktis literasi digital bagi ASN di Indonesia. Peningkatan pemahaman literasi digital ASN merupakan salah satu target nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk transformasi digital di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, Kementerian Kesehatan memiliki strategi transformasi kesehatan digital yang diproyeksikan pada tahun 2021 – 2024 untuk pelayanan kesehatan yang optimal berbasis teknologi. Dalam upaya transformasi digital di Kementerian Kesehatan tentunya dibutuhkan ASN dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni, diharapkan ASN memahami empat pilar literasi digital.

Baca juga: Kemenkominfo Gelar Kelas Literasi Digital untuk Tingkatkan Kompetensi Guru TIK di Sorong

“Setiap ASN di Kementerian Kesehatan diharapkan dapat menggunakan teknologi digital sesuai aturan dan memahami kapan dan bagaimana teknologi harus digunakan agar kita bekerja lebih efektif untuk mencapai tujuan organisasi Kementerian Kesehatan,” ujarnya. kata dalam keterangan pers, Senin (17/10/2022).

Direktur Pemberdayaan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto mengatakan, adaptasi ASN di Indonesia diperlukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Dampak pandemi Covid-19 yang dialami pada tahun 2020 – 2021 sangat dinamis, memaksa kehidupan manusia untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Baca juga: Kemenkominfo Umumkan Penawaran Harga Lelang Frekuensi 2,1 GHz

“Tantangan di era digital saat ini adalah membangun pola kerja dan pola pikir ASN yang komprehensif, integral, holistik, bahkan sistemik melalui peningkatan kemampuan penguasaan teknologi namun tetap mengedepankan integritas tinggi, profesionalisme, pelayanan dan keterkaitannya dengan pengembangan kompetensi dan kinerja,” ujarnya. .

Editor: Handayani cantik ([email protected])

Leave a Reply

Your email address will not be published.