Tekno  

Ketika Vladimir Putin Berharap Qatar Sukses di Piala Dunia 2022

TEMPO.CO, Jakarta – Berbagi pengalamannya sebagai tuan rumah edisi 2018, Presiden Rusia Vladimir Putin berharap Qatar sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang. Harapan itu ia sampaikan kepada Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani di sela-sela pertemuan di Kazakhstan pada Kamis, 13 Oktober 2022.

“Kami melakukan semua yang kami bisa dalam hal berbagi pengalaman kami tentang persiapan Piala Dunia. Saya ingin mengucapkan semoga sukses dalam menyelenggarakan Piala Dunia ini, acara ini. Saya yakin akan seperti itu,” kata Putin seperti dikutip pepatah. Reuters.

Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Pada turnamen itu, Rusia yang lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 dilarang tampil karena operasi militer Presiden Vladimir Putin ke Ukraina pada Februari lalu. Rusia didiskualifikasi dari babak play-off awal.

Qatar menjadi negara pertama di kawasan Timur Tengah yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Turnamen ini akan digelar mulai 20 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

Qatar telah menyiapkan dana besar untuk pembangunan banyak fasilitas. Fasilitas tersebut antara lain hotel, bandara, dan stadion untuk pertandingan Piala Dunia 2022. Pengembangan skala besar tidak hanya untuk Piala Dunia 2022, tetapi juga untuk proyek pariwisata jangka panjang.

Pemandangan di Hotel Torch, Khalifa Sports City, menjelang Piala Dunia 2022. REUTERS/Hamad I Muhammad

Kutipan Olahraga Kantor Depan, Piala Dunia Qatar 2022 menelan biaya US$ 220 miliar atau setara Rp 3,4 ribu triliun. Ada perbandingan biaya yang cukup besar dibandingkan dengan Piala Dunia sebelumnya yang diadakan di negara lain. Misalnya, pada Piala Dunia 2018, Rusia menggelontorkan dana sebesar US$11,6 miliar atau Rp. 180 triliun.

Emir Qatar Sheikh Tamim menilai keberhasilan Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 membantu Qatar dalam persiapan penyelenggaraan turnamen sepak bola empat tahunan terbesar tersebut.

Keberhasilan yang diraih Rusia selama Piala Dunia 2018 sangat membantu persiapan Piala Dunia yang akan kita selenggarakan.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Profil Tim Nasional Maroko, Perjalanan ke Qatar dan Jadwal Pertandingan

Leave a Reply

Your email address will not be published.