Tekno  

La Tri Siap Bikin Kejutan

Jakarta, CNNIndonesia

Ekuador adalah salah satu pesertanya Piala Dunia 2022 dari zona CONMEBOL atau Amerika Selatan. Berikut profil Ekuador di Piala Dunia 2022.

Federasi Sepak Bola Ekuador (FEF) dibentuk pada tahun 1926. FIFA telah mengundang Ekuador untuk berpartisipasi dalam Piala Dunia edisi pertama tahun 1930, tetapi Ekuador menolak.

Ekuador baru menjalani debutnya di Piala Dunia 2002. Namun, perjalanan skuat berjuluk La Tri itu terhenti di babak penyisihan grup.

Prestasi terbaik Ekuador tercatat di Piala Dunia 2006. Mereka berhasil lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Polandia dan Kosta Rika di babak penyisihan.

Setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2010, Ekuador kembali eksis di Piala Dunia 2014. Namun, mereka hanya bisa mencapai babak penyisihan.

Ekuador absen di Piala Dunia 2018. Namun di Piala Dunia 2022 mereka kembali sebagai wakil dari Amerika Latin.

Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Ekuador yang diperkuat banyak pemain muda unggul di kandang sendiri. Tim asuhan Gustavo Alfaro meraih lima kemenangan, satu kekalahan, ditambah dua hasil imbang melawan Argentina dan Brasil.

Dengan pemain muda yang sedang naik daun seperti Moises Caicedo (Brighton & Hove Albion), Piero Hincapie (Bayer Leverkusen) dan Gonzalo Plata (Valladolid), Ekuador sangat ingin tampil di Grup A Piala Dunia 2022.

Pemain bintang

Pervis Esstupinan merupakan salah satu pemain kunci di lini pertahanan timnas Ekuador saat ini. Pemain Brighton & Hove Albion itu memiliki pengalaman di beberapa klub Eropa seperti Watford, Granada, Almeira, Mallorca, Osasuna dan Villareal meski usianya baru 24 tahun.

Pelatih

Gustavo Alfaro mulai melatih timnas Ekuador sejak tahun 2020. Ia memiliki pengalaman melatih 15 tim termasuk Al-Ahli dan Boca Juniors serta menjuarai Copa Sudamericana bersama Arsenal de Sarandi pada tahun 2007.

Skuat Ekuador di Piala Dunia 2022:

Kiper: Moises Ramirez, Hernan Galíndez, Gonzalo Valle, Alexander Dominguez

Belakang: Piero Hincapie, William Pacho, Jackson Porozo, Xavier Arreaga, Fernando Leon, Pervis Estupinan, Diego Palacios, Angelo Preciado, Byron Castillo

Gelandang: Carlos Gruezo, Jhegson Mendez, Patrickson Delgado, Moises Caicedo, Jose Cifuentes, Alan Franco, Jeremy Sarmiento, Nilson Angulo

Depan: Romario Ibarra, Gonzalo Plata, Angel Mena, Anthony Valencia, Michael Estrada, Enner Valencia, Djorkaeff Reasco

Jadwal Ekuador untuk Piala Dunia 2022:

1. Ekuador vs Qatar 20 November pukul 23.00 WIB
2. Ekuador vs Belanda 25 November pukul 23.00 WIB
3. Ekuador vs Senegal 29 November pukul 22.00 WIB

(ikh/rhr)




Leave a Reply

Your email address will not be published.