Tekno  

Lantik Kepengurusan Ika Unmul Kutim dan Perkuat Perhiptani Kutim, Gubernur: Harus Berpikir Luar Biasa

SANGAT SANGAT – Gubernur Kaltim H Isran Noor melantik Bupati Kutai Timur H Ardiansyah Sulaiman sebagai Ketua Pengurus Daerah Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (IKA Unmul) Kabupaten Kutai Timur dan melantik Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang sebagai Ketua DPD Pertanian Indonesia Perhimpunan Penyuluh (Perhiptani) Kutai Timur masa bakti 2022-2027 yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, Selasa (12/10/2022).

Gubernur Isran Noor yang juga Ketua DPP Perhiptani Pusat dan Ketua Umum IKA Unmul mengucapkan selamat kepada ketua dan anggota Pengurus Wilayah IKA Unmul Kutim dan DPD Perhiptani Kutim yang telah dilantik dan dilantik, dengan harapan dapat menjalankan amanat, tugas dan tanggung jawabnya dalam menjalankan dan menghidupkan organisasi. .

“Pengurus IKA Unmul Kutim dan DPD Perhiptani Kutim harus bisa berpikir luar biasa, luar biasa,” kata Isran Noor.

Ditambahkannya, peningkatan kompetensi sangat diperlukan mengingat teknologi dan teori untuk meningkatkan produksi pertanian sudah berubah, sehingga perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini. “Perhiptani adalah wahana untuk ‘berbagi’ pengetahuan dan pengalaman. Tentu penyuluh harus meningkatkan kompetensinya,” ujarnya.

Dikatakan, penyuluh pertanian melalui organisasi Perhiptani berperan sebagai jembatan komunikasi dan informasi tentang iptek pertanian dalam arti luas, yang pada gilirannya akan meningkatkan sumber daya manusia petani menjadi petani yang berilmu dan berwawasan luas, unggul, profesional, mandiri dan sejahtera.

“Kunci dalam menyampaikan program penyuluhan adalah meningkatkan komunikasi, kerja keras dan memahami kebutuhan petani dan pemangku kepentingan, sehingga dapat mencapai tujuan perjuangan bersama yaitu Perhiptani maju, petani sejahtera, penyuluh sejahtera,” imbuhnya. .

Oleh karena itu, lanjut Isran, usai pelantikan ini, DPD Perhiptani Kutim diminta segera membuat dan melaksanakan program kerja. Beberapa program dan kegiatan harus melibatkan semua kepentingan anggota Perhiptani dan hubungan baik sebagai mitra dengan Pemerintah. Terutama instansi pertanian pemerintah, pihak swasta, bank dan lain-lain dengan petani dan pelaku usaha pertanian.

“Saya berharap penyuluh pertanian di Timor Leste dapat bekerja keras, tanpa lelah membantu para petani dan pengusaha tani dalam meningkatkan produktivitas hasil usahanya. Begitu juga dengan target program dan kegiatan yang dibuat Pemerintah seperti target swasembada beras (beras), target peternakan, perikanan, perkebunan dan lain-lain,” kata Isran Noor.

Usai pelantikan, penyerahan penghargaan kepada para pengajar yang berprestasi dan penyerahan secara simbolis seragam bagi penyuluh pertanian di Kutim yang diserahkan langsung oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati, Kasmidi Bulang. (adpim/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published.