Tekno  

Lebih Banyak Bantuan Menyelidiki Tragedi Kanjuruhan Ada baiknya

JawaPos.com – Kakeknya, Soegiono, adalah salah satu pendiri Arema bersama Acub Zaenal. Ayahnya, Eddy Rumpoko, juga sangat lekat dengan klub berjuluk Singo Edan itu. Di tengah upaya menjalin perdamaian antara Aremania dan Bonek, Ganis Rumpoko mengunggah artikel yang menggambarkan kedekatan hubungan Persebaya dan Arema.

Kamis (6/10) malam, Anda mengunggah artikel bahwa pendiri Arema FC adalah penggemar Persebaya. Jadi, kedua klub itu sebenarnya seperti kakak beradik, bisakah kamu memberi tahu?

Itu dari tulisan ayahku. Jadi, Anda tahu.

Berapa banyak orang yang tahu tentang sejarah ini, dari Aremania misalnya?

jujur ​​saya baru tahu. Mayoritas hampir tidak tahu, karena mungkin itu hanya cerita internal.

Lalu, apa yang ingin Anda sampaikan dengan mengunggah artikel tersebut?

Itu telah ditulis untuk beberapa waktu. Karena kemarin ada insiden Dadang (Dadang Indarto menjadi narasumber di Mata Najwa dan mengeluarkan pernyataan yang memicu kekecewaan banyak pihak, terutama di kalangan pendukung Persebaya, meski kemudian mengklarifikasinya, red). Niat saya mungkin untuk sedikit menenangkan diri (ketegangan akibat pernyataan Dadang).

Pernahkah Anda mencoba mensosialisasikan kedekatan Arema-Persebaya seperti yang ditulis oleh ayah Anda?

Mungkin mulai bersosialisasi. Sebenarnya yang membentuk konstruksi rivalitas adalah media. Terkait sosialisasi ini, harapannya rivalitas hanya terjadi saat pertandingan. 90 menit saja.

Sebelum tragedi Kanjuruhan, apakah ada upaya untuk mempromosikan bahwa kedua klub itu seperti saudara?

Secara pribadi, saya selalu berusaha untuk menyebarkan hubungan baik. Seperti saat saya kuliah di Jogjakarta, saat itu Persebaya bertanding melawan PSS. Teman-teman Bonek saya memberi tumpangan ke stadion. Bahkan, saat itu saya mengenal Aremania, responnya juga positif.

Dadang sempat mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya tidak membutuhkan bantuan pendukung lain untuk mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan tersebut. Apa kamu setuju?

Sebenarnya semakin banyak membantu semakin baik. Aremania juga butuh bantuan.

Tim Gabungan Pencari Fakta Independen sudah bekerja. Apa harapan Anda untuk tim ini?

Intinya, jangan sampai fakta ditutup-tutupi. Silahkan buka kronologis segala macam kejadian untuk umum.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan enam tersangka atas tragedi Kanjuruhan. Apakah Anda puas dengan penetapan tersangka?

Agak lega karena ada tangganya. Artinya, panggilan yang dikirimkan Aremania telah terpenuhi. Tidak ada alasan untuk turun ke jalan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.