Tekno  

Liga 3 Zona Sulsel Ditunda Akibat Tragedi Kanjuruhan, Perslutim Beri Pemain Libur

Makassar

Liga Zona 3 Sulawesi Selatan juga dihentikan sementara akibat Tragedi Kanjuruhan. Salah satu tim peserta, Perslutim memilih meninggalkan pemain hingga ada konfirmasi dari federasi terkait kelanjutan kompetisi.

“Yang jelas pemain kita libur, yang pasti kita tunggu lagi jadwal dari Asprov (PSSI Sulsel). Seminggu sebelum kick off kita akan kembali latihan,” jelas pelatih Perslutim Yusrifar Jafar kepada detikSulselJumat (7/10/2022).

Seharusnya, kompetisi Liga Zona 3 Sulawesi Selatan telah berlangsung pada Kamis (6/10) kemarin. Namun, instruksi PSSI pusat yang meminta ditunda mengharuskan Asprov PSSI Sulsel untuk sementara tidak memulai Liga 3.

Yusrifar mengatakan penundaan Liga 3 berdampak besar bagi timnya yang siap bertarung. Ditambah Perslutim menjadi tuan rumah acara tersebut.

“Yang jelas akan berpengaruh karena kita sudah siap sebulan persiapan, apalagi kita tuan rumah. Tim sudah siap bertanding,” ujarnya.

Namun, eks winger PSM Makassar itu memaklumi keputusan PSSI untuk menunda kompetisi. Pasalnya, Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang menjadi duka seluruh insan sepak bola di tanah air.

“Apa yang bisa kita lakukan dengan kejadian di Kanjuruhan ini harus kita pahami karena atas dasar kemanusiaan,” jelasnya.

Yusrifar menambahkan, meski libur, para pemainnya tetap diberikan program latihan yang harus dilakukan. Tujuannya agar sewaktu-waktu Liga 3 kembali digelar, para pemain langsung siap bermain.

“Jelas kami memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk masing-masing pemain. Juga kami akan mengadakan uji coba untuk memperkuat tim lagi sebelum pertandingan di hari H,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekjen PSSI Sulsel Asprov Ahmadi Djafri mengatakan Liga 3 ditunda sementara setelah instruksi PSSI pusat meminta ditunda dulu.

“Sesuai arahan dari PSSI, kami juga akan menunda sementara imbauan dari kepolisian untuk kegiatan tersebut,” kata Ahmadi. detikSulselKamis (6/10).

Begitu pula dengan Piala Soeratin U-17 dan U-13. Ahmadi mengatakan semua pertandingan di bawah naungan PSSI diminta ditunda.

“Jadi semua kompetisi resmi tidak bisa kita lakukan dulu, seperti Liga 3, U-17 dan Piala Soeratin U-13. Sebelumnya tidak ada, kita perlu izin dulu dari kepolisian,” jelasnya.

Ahmadi mengaku belum mengetahui secara pasti durasi penundaan Liga 3 dan Piala Soeratin. Namun, dia menegaskan pihaknya akan segera kembali ke panggung jika instruksi penundaan itu telah dicabut oleh PSSI pusat.

“Ya kita tunggu saja, jadi untuk Liga 3 lalu agenda Asprov tidak mungkin kita laksanakan tanpa penyerahan langsung dari PSSI,” pungkasnya.

Tonton video”PSSI Ketum Marah Karena Buruknya Kualitas Wasit Liga 3
[Gambas:Video 20detik]
(ata/nvl)

Leave a Reply

Your email address will not be published.