Tekno  

Memasuki tahun ke-10, NYXS BLiSPI Cup Player of the Year Dikirim ke Barcelona

JAKARTA – Ada tawaran menarik dari Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI). Memasuki tahun ke-10, organisasi yang mewadahi kompetisi usia dini ini memberikan kesempatan kepada anak muda Indonesia berusia 12 tahun untuk merasakan atmosfer kompetisi tingkat internasional di Barcelona. Mereka yang akan dikirim adalah pemain terbaik yang dipantau oleh tim pencari bakat BLiSPI dan NYXS selama NYXS BLiSPI Cup di Sentul bulan depan.

Grand plan BLiSPI itu terungkap saat penandatanganan kerja sama antara NYXS dan BLiSPI di Jakarta pada Sabtu sore (15/10/2022). NYXS adalah platform web3 olahraga yang bertujuan untuk menghubungkan komunitas fandom dengan atlet muda dengan inisiatif dampak sosial.

Hadir dalam acara tersebut CEO NYXS Tony Kim, Panitia NYXC BLiSPI Cup Bajga Suihan, Direktur NYXS ASEAN Khairul Asyraf, pendiri BLiSPI Teguh Rahardjo, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, dan Deputi III Kemenpora Raden Isnanta. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan BLiSPI di 34 provinsi.

“Program Road to Barcelona ini baru pertama kali dilakukan BLiSPI setelah 10 tahun. Ini patut disyukuri karena tujuan kami membantu para pesepakbola muda untuk mengembangkan bakatnya di sepakbola. Dengan bermain di Barcelona, ​​mereka akan belajar banyak cara bermain melawan pesepakbola dari negara lain. Seperti Akademi Barcelona, ​​​​PSG, Valencia, Real Madrid dan lainnya. Ini semacam ajang piala dunia U12,” kata Bagja.

Karena ini merupakan program yang spektakuler, lanjut Bagja, tidak sembarang pemain akan ambil bagian. Program Road to Barcelona ini diikuti oleh pemain muda kelahiran 2010-2011. Dimulai dengan Seri Provinsi pada 21 Oktober 5 November.

Para juara dari masing-masing provinsi melaju ke Seri Nasional yang akan digelar pada 10-12 November di Sentul. Selama National Series akan ada local talent scouting dari BLiSPI dan scouting Spanyol dari NYXS. Mereka akan memilih 12 pemain yang akan dibawa ke Barcelona untuk berlaga di TicTac Cup pada 13-19 Desember 2022.

“Sebelum ke Barcelona, ​​anak-anak akan berlatih di camp terlebih dahulu. TC diadakan seminggu setelah National Series usai,” jelas Bagja.

GoSumbar.com

CEO NYXS Tony Kim menjelaskan, kesempatan berkompetisi di Barcelona bagus untuk anak-anak muda. Selain itu, akan ada banyak akademi terbaik dunia yang terlibat.

“Saya berharap nanti saya bisa bersaing dan memenangkan pertandingan karena saya berharap kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh pemain muda karena akan banyak tim bagus di Barcelona nanti,” jelas Kim yang berasal dari Korea Selatan.

Diakui Kim, dirinya senang bisa memberikan kesempatan ini kepada talenta muda Indonesia untuk bekerja keras dan terpilih mewakili negaranya untuk turnamen papan atas yang memiliki talenta Eropa.

“Negara ini memiliki banyak talenta olahraga yang telah mencapai tingkat prestasi olahraga yang sangat baik secara regional dan global dan kami pikir NYXS dapat membantu lebih banyak lagi talenta muda ini di luar Indonesia. Selain itu, dengan peristiwa menyedihkan di Kanjuruhan baru-baru ini, kami berharap NYXS BLiSPI Cup dapat membantu membawa kembali hal positif dan semangat bagi masyarakat Indonesia,” ujar Kim.

Sementara itu, Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga Kebudayaan Olahraga Raden Isnanta mengapresiasi program Road to Barcelona. Sebab, prosesnya dimulai dari bawah, yakni dari daerah ke Jakarta untuk mencari talenta.

Pola yang dikembangkan BLiSPI yang sudah berjalan selama 10 tahun ini telah melahirkan banyak pemain top. Mulai dari Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang selalu menjadi langganan Timnas Indonesia di segala usia. Kemudian Supriadi, Bagas, Bagus Kahfi, David Maulana yang menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-16 saat menjuarai Piala AFF U-16 bersama Fachri Husaini. Lalu akhirnya ada 7 pemain yang menjadi andalan Timnas Indonesia U-16 saat menang bersama Pelatih Bima Sakti.

“Sekitar 16 pemain dari produk BLiSPI sudah menjadi pemain timnas dalam tiga generasi. Apresiasi untuk BLiSPI yang bersemangat menggali potensi talenta muda Indonesia di 34 provinsi,” kata Isnanta. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.