Tekno  

Menpora Zainudin Amali Minta Komitmen Suporter Nonton Bola dengan Nyaman, Aman, & Tenang

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap klub sepak bola dan suporter tanah air menjalankan implementasi Undang-Undang Keolahragaan 2022 yang mengatur tentang hak dan kewajiban suporter sepak bola.

Hal ini dimaksudkan agar kedepannya menonton sepak bola menjadi aman dan nyaman.

“Undang-undang tentang suporter ini harus segera dilaksanakan oleh klub dan kelompok suporter,” kata Zainudin saat jumpa pers usai meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang bersama Menteri PUPR, Kamis (13/10/2022).

Baca juga: Liga 1 2022: Ada sinyal kompetisi akan diadakan lagi, pendukung menunggu jadwal pertandingan Persija vs Persib

Baca juga: Menpora Zainudin Amali menunggu kehadiran perwakilan FIFA di Jakarta untuk membahas tragedi Kanjuruhan

Baca juga: TGIPF Minta PSSI membuat aturan dan memberikan arahan kepada suporter di tanah air

“Jadi, mudah-mudahan secepatnya kita upayakan. Polri juga sedang menyusun aturan SOP keamanan yang mengadopsi aturan FIFA, aturan PSSI, dan internal kepolisian itu sendiri. Sehingga menjadi pegangan seragam di seluruh Indonesia,” kata Zainudin.

Zainudin menjelaskan, suporter sudah diatur dalam UU Keolahragaan Nomor 11 Tahun 2022 yang memiliki hak dan kewajiban.

“Mengenai hak dan kewajiban suporter, ini sedang dirumuskan dan akan disosialisasikan. Kami akan meminta komitmen mereka agar menonton sepak bola nyaman, aman dan tenang,” jelas Zainudin.

BERITA VIDEO: 5 Tahun Anies Baswedan Memimpin Jakarta, Wujudkan Keadilan Sosial Bagi Warganya

Menurut Zainudin, FIFA sudah mengirimkan surat dan ada lima poin yang harus diperhatikan.

Pertama, soal stadion agar bisa distandarisasi sesuai arahan FIFA, lalu SOP penanganan keamanan, pelibatan pihak terkait (suporter, klub, dan lain-lain), lalu soal jadwal pertandingan, dan tolak ukur negara lain yang memiliki manajemen sepakbola yang baik.

“Saya berharap dari rekomendasi FIFA kita melakukan pembenahan serius dan kompetisi bisa berjalan kembali. Jadi, sejajar dengan apa yang dilakukan Menteri PUPR, Polri, dan apa yang kita lakukan bersama,” kata Zainudin.

Sebelumnya, Zainudin menyampaikan arahan Presiden kepada dirinya untuk mengevaluasi total sepakbola tanah air pasca tragedi Kanjuruhan.

“Arah Presiden, sepak bola kita semua dievaluasi secara total, minggu lalu saya bertemu dengan PSSI, klub-klub, para pemimpin pendukung (Arema, Persebaya, Persija dan Persib) semua sepakat bahwa ini tidak boleh terjadi lagi, kita hanya memiliki merumuskan seperti apa apalagi pengaturan yang sesuai dengan undang-undang,” kata Zainudin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.