Tekno  

Menurut Standar FIFA, Semua Stadion Liga di Indonesia Harus Terapkan Single Seat?

SuaraSurakarta.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan semua stadion sepak bola yang sedang diaudit pemerintah akan direnovasi dan dibangun kembali sesuai standar FIFA.

Zainudin tidak merinci stadion mana yang akan direnovasi. Namun, setelah melakukan survei dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Stadion Kanjuruhan, Malang, pemerintah menyepakati proses audit akan fokus pada stadion yang biasa digunakan untuk kompetisi liga sepak bola nasional dan biasanya dikunjungi. oleh banyak penonton.

Menteri Pemuda dan Olahraga memastikan renovasi akan disesuaikan dengan standar FIFA termasuk penggunaan single seat atau kursi tunggal. Saat ini hanya ada beberapa stadion di Indonesia yang memiliki fasilitas single seat, antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Manahan Solo, Stadion Bung Tomo, Stadion Papua Bangkit, Stadion I Wayang Dipta, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

“Kalau standar FIFA dan pasti satu kursi. Bayangan kami sementara Stadion Kanjuruhan akan sama dengan Stadion Manahan Solo karena Manahan sudah diperiksa FIFA,” kata Zainudin dikutip dari DI ANTARA pada Minggu (16/10/2022).

Baca juga:TGIPF Sadar Ada Upaya Lempar Tanggung Jawab Tragedi Kanjuruhan

“Ini masih dalam perencanaan dan dalam draft. Mungkin akan dimulai tahun depan. Jadi klub yang menggunakan stadion, baik Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 harus mencari tempat lain sampai (renovasi) selesai,” katanya. ditambahkan.

Menpora bersama Menteri PUPR mengunjungi Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (13/10). Berdasarkan hasil audit, ada beberapa catatan yang menjadi poin utama dalam proses renovasi total gedung tersebut.

Ketujuh rekor tersebut antara lain tidak adanya tangga di tribune ekonomi untuk penonton, pintu stadion, dan tidak adanya pintu darurat.

Kemudian, juga termasuk penerangan di area stadion, toilet untuk penonton yang tidak layak, dukungan perimeter untuk penonton dan pagar pembatas yang dapat dengan mudah dilompati penonton.

Renovasi juga dilakukan sebagai tindak lanjut arahan FIFA melalui suratnya kepada Presiden Jokowi untuk membangun standar keamanan stadion di Indonesia.

Baca juga:Tragedi Kanjuruhan Buka Borok Liga Indonesia, Saling Lempar Tanggung Jawab PSSI, PT LIB ke Penyiar

Tim Gabungan Pencari Fakta Independen TGIPF juga telah memberikan rekomendasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk melakukan renovasi total seluruh stadion sepak bola, terutama yang digunakan untuk Liga 1 dan Liga 2 sesuai standar keamanan FIFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.