Tekno  

Mocca, Grup Musik dari Bandung yang laris di Korea

Mocca, Grup Musik dari Bandung yang laris di Korea
Personil Mocca | Foto: @moccaofficial/Instagram

Mocca merupakan salah satu dari sekian banyak musisi Indonesia yang telah melanglang buana di kancah internasional. Band asal Bandung ini bahkan mendapat sambutan yang baik saat melebarkan sayapnya ke Negeri Ginseng, Korea Selatan. Dengan mengusung konsep musik ceria, dibalut dengan sentuhan mengayun dan jazzMocca telah menghipnotis banyak pasang telinga.

Berawal dari pita Kampus

Moka dimulai dengan pita kampus saat semua anggotanya kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Mocca beranggotakan empat personel, antara lain Arina Epiphani sebagai vokalis, Riko Prayitno sebagai gitaris, Achmad Pratama sebagai vokalis. pemain bassdan Indra Massad sebagai pemain drum.

Mocca memiliki sejarah panjang di balik nama besarnya. Pada awalnya, personel Mocca memiliki pita setiap. Arina dan Riko sudah memiliki pita di kampus bernama Nasty Sunny Beam.

Baca Juga: Kebiasaan Positif Orang Korea Selatan, Patut Kamu Tiru!

Pada saat itu, pita Arina dan Riko sudah memiliki beberapa materi lagu. Sayangnya, materi ini tidak disukai oleh anggota Nasty Sunny Beam lainnya. Sampai akhir pita itu dibubarkan pada tahun 1999.

Pada akhirnya materi lagu yang digarap Arina dan Riko tidak sia-sia. Riko kemudian bertemu dengan Toma dan Indra, lalu mengajak keduanya untuk menyelesaikan materi lagu yang sudah dia buat yang terbengkalai. Dari situlah, asal muasal Mocca yang sekarang dimulai.

Ajakan Riko diterima oleh Toma dan Indra. Jadi mereka bertiga berlatih dan mengerjakan materi lagu. Setelah berlatih, mereka bertiga kemudian meminta Arina untuk mengisi posisi vokal.

Penamaan “Mocca” dilakukan secara mendadak. Suatu hari, mereka akan naik panggung di sebuah acara. Ketika panitia menanyakan nama pita mereka, Riko baru saja memanggil “Mocca” ke panitia. Namun siapa sangka, nama itulah yang akhirnya membawa mereka masuk ke dalam grup musik besar seperti sekarang ini.

Baca Juga: Sering Bergadang? Ini 5 Cara Ampuh Perbaiki Jam Tidur

Menuju Ketenaran di Negeri Ginseng

Setelah terbentuk, Mocca tidak langsung terkenal. Personil Mocca pesimis dengan karya musik mereka. Mocca pun sempat mengubah lirik lagu dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Setelah melalui eksperimen tersebut, Mocca bertekad dengan pilihannya untuk menggubah lagu berbahasa Inggris. Konsistensi ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Mocca disukai pasar internasional. Mocca pernah bekerja sama dengan sejumlah label musik di Asia, seperti Malaysia, Jepang, hingga Korea.

Nama Mocca melejit ketika label musik indie Korea bernama Beatball Records aktif mempromosikan lagu-lagu mereka. Label memilih beberapa lagu dari tiga album Mocca dan mempromosikannya ke stasiun radio di sana. Ternyata, lagu-lagu ciptaan Mocca mendapat tempat di hati para pendengar musik Korea.

Lagu Mocca Populer di Korea

Lagu-lagu Mocca sering dimainkan sebagai Soundtrack Asli (OST) dari film, iklan, dan musik untuk pengiriman variety show di televisi Korea. Misalnya, lagu “I Remember” adalah musik untuk iklan Asiana Airways, “The Best Thing” untuk iklan elektronik LG, dan “Swing it Bob” untuk iklan produk makanan anjing.

Lagu berjudul “Happy” sepertinya menjadi lagu Mocca paling populer di Korea. Pasalnya, lagu ini digunakan oleh anak-anak TK di sana untuk belajar bahasa Inggris. “Happy” bahkan diterjemahkan ke dalam bahasa Korea dan digunakan sebagai OST film Saudara yang Tak Terpisahkan.

Tidak hanya itu, “Happy” juga sering dimainkan sebagai musik latar di berbagai acara (variety show) Korea, seperti dalam variety show berjudul Kembalinya Superman. Lagu ini pernah diputar di beberapa episode variety show besutan KBS. Begitu juga dengan variety show tvN yang berjudul Toko Ramyun Flower Boy.

Selain “Happy”, lagu Mocca lain yang berjudul “Sing” juga dimainkan sebagai musik latar untuk berbagai acara. “Nyanyikan” pernah diputar di variety show Toko Mimi Produksi dan variety show televisi kabel JTBC Hidup sendiri yang mengudara di saluran MBC.

Baca Juga: Anak Muda, Kembangkan Pola Pikirmu dengan Membaca 3 Buku Ini!

GoodMates, Mocca menambah daftar panjang musisi Indonesia yang berkarir di kancah internasional. Perjuangan band asal Bandung ini tentunya tidak berhenti sampai di sini saja dan akan lahir Mocca baru di kemudian hari. adalah pita Musik dari GoodMates akan menjadi penerus selanjutnya?

Referensi: Kompas.com | detik.com | idntimes.com | GNFI

Leave a Reply

Your email address will not be published.