Tekno  

NasDem Sebut Surya Paloh dan Jokowi Punya Chemistry Kuat

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Sekjen DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim mengatakan, Ketua Umum Surya Paloh telah kimia yang cukup kuat dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Dia mengatakan mereka berdua memiliki pengalaman dan sejarah yang manis.

Hermawi menjelaskan, sejak awal pemerintahan 2014, Partai NasDem sangat loyal kepada Jokowi. Bahkan, kata dia, pada Pilpres 2014, NasDem menjadi partai pertama yang mencalonkan Jokowi sebagai calon presiden. Pada periode kedua 2019, Hermawi menyebut pihaknya kembali menjadi partai pertama yang mengusung Jokowi.

“Dengan pengalaman dan sejarah yang manis itu, Surya Paloh dan Presiden Jokowi telah kimia cukup kuat dan komunikasi yang baik. Bisa saya katakan bahwa hubungan terbaik antara pimpinan partai dan Jokowi adalah Pak Surya,” kata Hermawi dalam keterangannya, Selasa, 11 Oktober 2022.

Partai NasDem menjadi sorotan usai mencalonkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Ada suara yang mendesak Partai NasDem keluar dari kabinet Jokowi. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai Jokowi juga menyinggung sikap NasDem karena menilai kebijakan Anies bertentangan dengan kebijakan Jokowi.

Menurut Hermawi, hubungan Surya Paloh dengan Jokowi baik-baik saja. Dia menampik pernyataan Anies yang memicu masalah di antara keduanya. Ia menganggap sindiran pihak lain terhadap NasDem sebagai opini belaka. Namun, ia berharap pendapat yang disampaikan dapat mengedukasi masyarakat. “Maksud saya jika kita memiliki pendapat dalam situasi saat ini dengan pendapat yang cerdas,” katanya.

Hermawi menjelaskan, pencalonan Anies sebagai calon presiden dimaksudkan untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi dan melanjutkan perkembangan yang ada. Dikatakannya, kalaupun ada program yang belum selesai, akan diselesaikan, bukan sebaliknya.

Ia mengatakan, dukungan terhadap Anies tidak bisa diartikan Partai NasDem keluar dari koalisi pemerintah. Menurutnya, deklarasi Anies difokuskan pada kontestasi Pilpres 2024. Dengan demikian, tidak terkait dengan koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin yang akan berakhir pada 2024.

“Pak Surya Paloh tegas mengatakan bahwa kita akan selalu bersama dan mengawal kepemimpinan Presiden Jokowi hingga 2024. Jadi, komitmen kita sampai akhir,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah orang yang mengaku sebagai relawan Jokowi tiba-tiba berkumpul dan memprotes dukungan Partai NasDem untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Mereka berkumpul dan menulis surat terbuka untuk Jokowi di Hotel N yang hanya beberapa meter di depan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Tengah.

Dalam suratnya, mereka memprotes langkah NasDem sebagai salah satu partai koalisi yang justru mendukung Anies. Mereka juga meminta Jokowi untuk segera memberhentikan menteri dari Partai NasDem.

“Saudara Anies Baswedan adalah salah satu tokoh yang dikenal masyarakat sangat kental dengan politik identitas,” kata Fredi Moses Ulemlem, advokat yang juga salah satu relawan yang hadir saat membacakan surat terbuka, Senin, 10 Oktober. 2022.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyoroti langkah Partai Nasdem untuk mendeklarasikan Anies. Langkah NasDem sebagai partai koalisi pemerintah dinilai PDIP tidak sesuai dengan etika politik yang diharapkan. Pasalnya, Anies diketahui memiliki pandangan berbeda dengan Presiden Jokowi.

Hasto mencontohkan perbedaan pandangan antara Jokowi dan Anies terkait rencana pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan. Menurut dia, Anies bersikeras agar ibu kota tetap berada di DKI Jakarta.

“Dengan pertimbangan seperti itu, (partai Jokowi) jangan lantas mencalonkan orang yang memiliki pandangan kebijakan berbeda dengan Pak Jokowi. Ini akan kontradiktif,” kata Hasto.

Baca juga: Anies Baswedan Janji Adopsi Cara Kerja di DKI Jakarta Pimpin Indonesia

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.